Home »

Depok

KPU Depok Beri Toleransi kepada Parpol yang Belum Lengkapi Dokumen hingga 24.00 WIB ini

KPU Kota Depok masih membuka pendaftaran parpol yang ingin menjadi peserta Pemilu 2019 hingga Selasa (16/10) 24.00 WIB.

KPU Depok Beri Toleransi kepada Parpol yang Belum Lengkapi Dokumen hingga 24.00 WIB ini
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Titik Nurhayati, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok 

WARTA KOTA, DEPOK -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Titik Nurhayati menuturkan pendaftaran partai politik (parpol) yang ingin menjadi peserta Pemilu 2019 sudah ditutup Senin (16/10/2017) pukul 24.00.

Namun KPU Kota Depok masih memberikan toleransi kepada parpol yang belum melengkapi dokumen untuk mendaftarkan diri hingga Selasa (17/10/2017) pukul 24.00 atau Rabu (18/10/2017) pukul 00.00.

"Ini sesuai instruksi KPU Pusat," kata Titik di Depok Selasa.

Dalam instruksinya itu, KPU menyatakan parpol yang sudah mendaftar namun dokumennya belum lengkap diberi waktu untuk melengkapinya hingga malam nanti, yakni Selasa, 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB atau Rabu, 18 Oktober 2017 pukul 00.00 WIB

"Jadi kepada parpol yang belum mendaftar kami beri waktu sampai malam nanti, namun dokumennya harus sudah langsung lengkap dan tidak boleh ada perbaikan lagi jika ingin diterima," kata Titik.

Titik juga menyampaikan, dari 73 parpol yang terdaftar di Kemenkumham, tercatat hanya 17 parpol saja yang mendaftar ke KPU Depok hingga batas akhir pendaftaran Senin kemarin.

Dari 17 parpol itu, sebanyak 12 parpol tekah dinuatakan lengkap berkas dokumennya dan sudah diterima KPU Depok atau mendapatkan tanda terima.

Sementara lima parpol lainnya masih diperiksa kelengkapan dokumennya atau mengalami perbaikan.

Sementara dari 30 parpol yang ada di Depok, parpol-parpol yang mendapatkan password dan username untuk input data di sistem informasi parpol (sipol) ada 17 parpol sedang 13 parpol lagi tercatat belum atai tidak mendaftar ke KPU Depok.

Titik memaparkan, 12 parpol di Depok yang dokumennya sudah dinilai lengkap dan sudah mendapatkan tanda terima adalah PDIP, Nasdem, PSI, Perindo, Partai Berkarya, Partai Golkar, PKS, Partai Garuda, Partai Gerindra, PAN, PPP dan Partai Demokrat.

Sedang lima parpol yang sudah mendaftar dan masih diperbaiki kelengkapan dokumennya adalah Partai Idaman, PKPI, PKB, PIKA dan Partai Republik. Kelima parpol ini masih ditunggu hingga Selasa malam ini.

Selanjutnya 13 parpol yang terdapat dalam sipol namun tidak atau belum mendaftar ke KPU masih diberi kesempatan mendaftar hingga Selasa dengan membawa dokumen lengkap.

Ke-13 parpol tersebut ialah Partai Karya Peduli Bangsa, PNIM, PBB, Partai Damai Sejahtera, Partai Kedaulatan, Partai Kongres, PPB, PPPI, Partai Rakyat, Partai Republik Nusantara, PARSINDO, Partai Uji Coba 1 dan Partai Bhineka Indonesia.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help