Keren, Nonton Pelantikan Anies-Sandi Pakai Kacamata Virtual Reality

"Keren, berasa di dalam ruangan, baru pertama coba, saya udah download aplikasinya di handphone, jelas banget kelihatannya..."

Keren, Nonton Pelantikan Anies-Sandi Pakai Kacamata Virtual Reality
Warta Kota/Bintang Pradewo
LURAH Srengseng Joko Mulyono dan Camat Kembangan Agus Ramdani mencoba kacamata 'virtual reality' saat nobar pelantikan Anies-Sandi pemimpin Jakarta yang baru, Senin (16/10/2017). 

WARTA KOTA, KEMBANGAN --- Teknologi Virtual Reality (VR) digunakan untuk menonton langsung acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Para pengguna kacamata VR berasa berada di dalam gedung Balai Agung Kompleks Balai Kota DKI Jakarta.

Para pemakai kacamata VR terlihat menggelengkan kepala ke kanan dan kiri, berputar ke depan dan kebelakang dan tampak senang dapat menyaksikan seluruh sudut ruangan Balai Agung.

Camat Kembangan Agus Ramdani mencoba kacamata "virtual reality" (VR) dalam acara nonton bareng (nobar) di Kelurahan Srengseng. Dengan menggunakan kacamata itu, dia mengaku tidak perlu jauh-jauh datang ke Balai Kota untuk menonton pelantikan tersebut.

"Rasanya kita serasa seolah-olah berada di Balai Agung," kata Agus.

Sementara itu, Lurah Srengseng Joko Mulyono mengatakan senang bisa menggunakan teknologi VR.

"Keren, berasa di dalam ruangan, baru pertama coba, saya udah download aplikasinya di handphone, jelas banget kelihatannya," ujar Joko.

Sedangkan petugas Suku Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Sudinkominfotik) Jakarta Barat, Ganjar Pramudito menjelaskan, kacamata VR menggunakan teknologi virtual yang dapat mengambil gambar di suatu ruangan 360 derajat.

"Ini dipinjamkan oleh Diskominfo DKI. Sebenarnya VR ini sudah dijual bebas, harga satuannya cuma sekitar Rp 50.000 saja," kata dia.

Kacamata VR disediakan di 15 lokasi, tiga di antaranya ada di Balai Kota DKI Jakarta dan 12 lainnya tersebar di 12 kantor kelurahan, salah satunya Kelurahan Srengseng.

Di Kelurahan Srengseng terdapat dua buah kacamata VR yang dapat dicoba warga secara bergantian untuk menyaksikan acara serah terima jabatan pasca dilantiknya Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai pemimpin baru Jakarta. 

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help