WartaKota/
Home »

Depok

Di Depok, Berkas Partai Besutan Tommy Soeharto ini Dikembalikan oleh KPUD

KPU Kota Depok mengembalikan bekas Partai Berkarya, besutan Tommy Soeharto, karena datanya belum sesuai dengan sistem informasi parpol (sipol).

WARTA KOTA, DEPOK -- Menyusul tiga partai politik (parpol) mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, pada Jumat (13/10/2017) hari ini dua parpol lagi  juga mendaftar ke KPU Depok.

Dua parpol itu adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Berkarya, wilayah Kota Depok. Partai Berkarya merupakan parpol besutan Tommy Soeharto, anak mantan Presiden RI di era Orde Baru, Soeharto.

Komisioner KPU Kota Depok  Suwarna menuturkan,  untuk Partai Nasdem semua berkas dinilai telah lengkap. Demikian juga semua data yang diperlukan sesuai dengan sistem informasi parpol (sipol) yang telah diunggah oleh pengurus parpol pusat.

"Namun untuk Partai Berkarya tidak, dan berkasnya kami kembalikan," kata Suwarna kepada Warta Kota, Jumat malam.

Pasalnya, kata Suwarna, ada ketidaksesuaian data pengurus dan anggota dalam berkas yang dibawa pengurus Partai Berkarya wilayah Kota Depok dengan sipol. "Karena itu berkas kami kembalikan untuk dilengkapi lagi," ujarnya.

Sebelumnya,  ujar Suwarna,  hingga Kamis lalu ada tiga parpol di Depok yang telah mendaftar ke KPU Depok. Ketiganya adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Dari tiga parpol itu, kata Suwarna melanjutkan penjelasannya, baru berkas PDI-P saja yang diterima karena dinilai sudah lengkap dan sesuai dengan sipol. Berkas Perindo dan PSI wilayah Kota Depok, dikembalikan karena berkasnya tidak sesuai dan dianggap kurang lengkap.

"Sebab data anggota partai dan KTP Elektronik-nya belum sesuai dengan Sipol atau sistem informasi partai politik, yang sudah diinput partai yang bersangkutan sebelumnya. Karenanya kita kembalikan lagi untuk disesuaikan atau dilengkapi kembali," kata Suwarna.

Suawarna menyampaikan, parpol yang berkasnya dikembalikan masih punya waktu hingga 16 Oktober untuk melengkapinya dan dikembalikam lagi ke KPU Depok.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help