WartaKota/

Unicef Minta Orang Tua Manfaatkan Program Imunisasi Campak Rubella

“Imunisasi merupakan hak anak, sehingga orang tua harus memenuhi hak mereka dalam mendapatkan vaksin,” ujar Direktur Unicef wilayah Jawa

Unicef Minta Orang Tua Manfaatkan Program Imunisasi Campak Rubella
Ilustrasi vaksin. (Kompas.com) 

WARTA KOTA, BEKASI -- Lembaga United Nations Children's Fund (Unicef) atau Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa menyoroti program imunisasi campak-rubella di Kota Bekasi.

Sebab di Pulau Jawa, Kota Bekasi berada di urutan kedua dari bawah atau di atas Kota Depok dalam pelaksanaan program imunisasi nasional ini.

Hal ini terungkap berdasarkan data dari pemerintah pusat dalam program yang dilaksanakan selama dua bulan, Agustus dan September lalu.

“Imunisasi merupakan hak anak, sehingga orang tua harus memenuhi hak mereka dalam mendapatkan vaksin,” ujar Direktur Unicef wilayah Jawa, Arief Rukmantara pada Kamis (12/10).

Arief mengatakan, orang tua harusnya memanfaatkan peluang ini dengan berpartasipasi dalam program tersebut.

Apalagi vaksin yang diimpor dari negara India ini diberikan secara gratis oleh pemerintah.

Bila program ini habis, kata dia, maka orang tua harus merogoh koceknya sendiri untuk memvaksinasi anak.

“Program vaksin gratis hanya disediakan oleh pemerintah. Kalau melewati periode ini, orang tua terpaksa menggunakan uang pribadi dan ini cukup mahal,” kata Arief.

Selain itu, kata dia, vaksin ini juga memiliki kualitas tinggi karena disediakan negara dan dipastikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Proses pengemasan hingga distribusinya dilakukan sesuai prosedur, sehingga tidak menurunkan kualitasnya saat disuntikan ke anak.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help