WartaKota/

Tanam Sayur di Halaman Rumah Bisa Jadi Penghasilan di Tangsel

Airin mengungkapkan pemanfaatan lahan di rumah tinggal dapat berguna sebagai peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

Tanam Sayur di Halaman Rumah Bisa Jadi Penghasilan di Tangsel
Alija Berlian Fani
Walikota Tangsel, Airin yang tengah melihat tanaman di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangsel, Kamis (12/10/2017) 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, SERPONG -- Guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ajak masyarakat tanam sayur di halaman rumah.

Kegiatan ini masuk ke dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tentang ketanahan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengungkapkan pemanfaatan lahan di rumah tinggal dapat berguna sebagai peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

"Pertumbuhan hotel sangat baik di Tangerang Selatan, apa lagi untuk restoran-restoran," kata Airin saat memberikan kata sambutan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangsel, Kamis (12/10/2017).

Menurut Airin, Kota Tangsel memiliki pasar yang jelas dan kebutuhan akan tanaman terutama jenis sayuran semakin meningkat seiring pertumbuhan pembangunan di daerah Tangsel.

"Dari pada nanti beli ke pasar-pasar atau ke pihak lain di luar kota tangerang selatan. Kenapa tidak beli sama ibu-ibu atau bapak-bapak yang sudah bisa melakukan kegiatan urban farming dirumahnya masing-masing," paparnya.

Baca: Airin Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Ketahanan Pangan

Selain memberikan dampak positif kepada pertumbuhan ekonomi daerah maupun keluarga, pemanfaatan pekarangan rumah juga bisa lebih disederhanakan lagi sebagai peringan beban ekonomi sehari-hari.

"Atau yang lebih simple lagi, ibu mesti beli cabe Rp 30 ribu, seminggu sekali misalnya, sebulan Rp 120 ribu, meski ibu ngga menghasilkan uang tapi bisa menghemat uang Rp 120 ribu," jelas Airin sambil berinteraksi dengan undangan.

Meski memiliki luas daerah yang tidaklah besar, Airin menungkapkan bahwa Kota Tangsel memiliki peluang ekonomis yang cukup bagus dalam menerapkan ketahanan pangan dari pekarangan rumah.

"Ternyata (penerapannya) berhasil, walaupun terbatas akan lahan bahkan cenderung lebih produktif lagi karena kita mengunakan teknologi dan inovasi. Inovasi bagaimana dengan lahan yang sangat terbatas tetapi kita bisa memanfaatkan sebaik-baiknya," terangnya.

Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help