Kausa Perjanjian yang Ditandatangani Sekda DKI Dinilai Tidak Halal

Perjanjian yang ditandatangani Sekda DKI Jakarta, Saefullah dengan pihak PT Kapuk Naga Indah (KNI) dinilainya tidak halal.

Kausa Perjanjian yang Ditandatangani Sekda DKI Dinilai Tidak Halal
Rangga Baskoro
Sejumlah orang yang mengatasnamakan Aliansi Korban Reklamasi (Akar) Jakarta melakukan unjuk rasa di PN Jakpus, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Kamis (12/10). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, KEMAYORAN -- Mohamad Taufiqurrahman, kuasa hukum Aliansi Korban Reklamasi (Akar) Jakarta mengatakan perjanjian yang ditandatangani Sekda DKI Jakarta, Saefullah dengan pihak PT Kapuk Naga Indah (KNI) dinilainya tidak halal.

Pasalnya Perjanjian Nomor 33 Tahun 2017 dan Nomor 1/AKTA/NOT/VII/2017 terkait Penggunaan/Pemanfaatan Tanah di atas Tanah Sertifikat Hak Pengelolaan Nomor 45/Kamal Muara Pulau 2 A (Pulau D) itu ditandatangi saat memoratorium masih berlansung pada tanggal 11 Agustus 2017.

Ia mencatat setidaknya ada 5 pelanggaran yang diduga dilakukan Saefullah

"Itu bertentangan dengan Pasal 1320 KUH Perdata karena waktu itu memoratorium masih berlaku," ujar Taufiq di PN Jakpus, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Kamis (12/10).

Kemudian, perjanjian itu diduga tidak melibatkan DPRD DKI Jakarta sebagaimana tercantum dalam Pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Daerah.

"Ketiga tidak ada pembentukan tim koordinasi kerjasama daerah sehingga bertentangan dengan Pasal 5 Permendagri Nomor 22 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Kerjasama Daerah," ungkapnya.

Lalu yang sempat diperbincangkan publik adalah begitu cepatnya SK HGB dari BPN Jakarta Utara yang terbit di hari yang sama dengan surat permohonan tertanggal 23 Agustus 2017.

"Kemudian yang terakhir, ini (Proyek Pulau D) kalau dilanjutkan sangat merugikan rakyat kecil khususnya kawan-kawan nelayan di Muara Angke," ujar Taufiq. (*)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help