Bayangkan, Tinggal di Rusun TOD Dekat Stasiun Langsung Dijemput Kereta Api

"Bayangkan, (tinggal di TOD pas mau kerja) dijemput kereta api. Begitu masuk (kereta) langsung jalan. Itu kemewahan tersendiri..."

Bayangkan, Tinggal di Rusun TOD Dekat Stasiun Langsung Dijemput Kereta Api
Istimewa
KERETA Api Communter Line 

WARTA KOTA, SENEN --- Pembangunan proyek hunian berkonsep transit oriented development ( TOD) di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang, resmi dimulai kemarin, Selasa (10/10/2017).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ini bukan pertama kalinya pemerintah melalui sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun hunian rumah susun (rusun) atau apartemen murah berkonsep TOD.

Baca: Pembangunan Rusun TOD Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang Dimulai

Dan Stasiun Pasar Senen bukan satu-satunya lokasi yang dibangun hunian TOD mulai kemarin, Pada hari yang sama, Menteri Basuki bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meresmikan pembangunan hunian TOD Stasiun Juanda dan Stasiun Tanah Abang.

Beberapa waktu lalu, para menteri ini juga menghadiri peletakan batu pertama pembangunan hunian TOD Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan dan Pondok Cina, Kota Depok. 

Baca: KAI Pastikan 50-60 Persen Penghuni Rusun TOD Dekat Stasiun Gunakan Kereta

"Dengan proyek TOD ini (seolah) rakyat beli apartemen dapat kereta api," ujar Basuki di Stasiun Pasar Senen.

Proyek TOD ini, kata Basuki, digencarkan dalam upaya menyediakan rumah untuk masyarakat, baik yang berpenghasilan rendah maupun menengah.

Pembangunan hunian TOD tersebut juga menjadi bentuk keseriusan pemerintah dalam mengatasi masalah urbanisasi perkotaaan.

"Selama ini kan terbalik. Orang yang mampu tinggal di kota dan yang kurang mampu malah jauh dari (pusat) kota," imbuh Basuki.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved