WartaKota/
Home »

Depok

Ayo Ikut Sayembara Disain Alun-alun Kota Depok, Hadiahnya Rp 100 Juta Lho!

Alun-alun Kota Depok bakal dilengkapi sentra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), taman baca, kantin, dan sejumlah sarana olahraga

Ayo Ikut Sayembara Disain Alun-alun Kota Depok, Hadiahnya Rp 100 Juta Lho!
Istimewa
KOTA Depok akan membangun alun-alun di kawasan Grand Depok City. 

WARTA KOTA, DEPOK --- Pemerintah Kota Depok berencana membangun alun-alun di kawasan Grand Depok City (GDC), Cilodong, di lahan seluas 3,6 hektar, pada 2018 mendatang.

Sebagai bentuk optimasi atau suatu proses guna mencapai hasil yang ideal, Pemkot Depok akan melibatkan masyarakat dalam merancang dan mendisain alun-alun, yakni dengan membuka sayembara perancangan atau disain alun-alun berhadiah Rp 100 Juta, yang akan dibuka akhir Oktober mendatang.

Baca: Klaim Rp 2,8 Miliar selama 7 Tahun Tak Digubris, Izin Usaha Asuransi Allianz Terancam Dicabut

Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok Dadan Rustandi menjelaskan bahwa sayembara ini dibuka untuk masyarakat umum yang memiliki kemampuan di bidang perancangan atau memiliki latar belakang arsitek.

Sayembara ini katanya bukan untuk perorangan, tapi per kelompok.

"Di mana satu tim maksimal 3 sampai 5 orang, dengan model rancangan berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi. Dalam rancangan atau disain, wajib dilampirkan perkiraan biaya yang dibutuhkan," kata Dadan, Selasa (10/10/2017).

Sayembara ini berhadiah total Rp 100 juta dengan rincian juara I mendapat Rp 50 juta, juara II Rp 30 juta, dan juara III Rp 20 juta.

"Sayembara akan dibuka di akhir bulan Oktober 2017 ini melalui Badan Layanan Pengadaan (BLP) Kota Depok," katanya.

Baca: Capaian Imunisasi MR di Jakarta Utara Terendah se-DKI Jakarta. Ini Sebabnya

Karya peserta sayembara yang masuk, lanjut Dadan, akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Depok, Kepala Disrumkim Kota Depok, Kepala Bapplitbangda Kota Depok, Ketua Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

"Sayembara ini diharapkan menghasilkan gagasan kreatif dan komprehensif yang akan menjadi dasar perencanaan dan pembangunan RTH. Sayembara ini juga sebagai sarana untuk mengajak masyarakat dalam perancangan ruang terbuka hijau (RTH), sehingga RTH sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Depok,” katanya.

Nantinya, selain menjadi ruang publik, alun-alun Kota Depok bakal dilengkapi sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), taman baca, kantin, rumah ibadah, dan sejumlah sarana olahraga yang bisa digunakan untuk umum.

"Karena konsepnya terpadu, jadi bukan hanya ruang terbuka hijau. Tapi, ruang publik yang ramah anak dan lansia juga," imbuh Dadan.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help