Antisipasi Musim Hujan, Sudin SDA Jakarta Utara Siapkan 14 Rumah Pompa

Sudin SDA Jakarta Utara menyiapkan 14 titik rumah pompa. Hal itu merupakan sebagai upaya antisipasi menghadapi musim hujan

Antisipasi Musim Hujan, Sudin SDA Jakarta Utara Siapkan 14 Rumah Pompa
Rumah Pompa sisi timur di Waduk Pluit Penjaringan, Jakarta Utara. (Kompas.com/Robertus Belarminus) 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK -- Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara menyiapkan 14 titik rumah pompa. Hal itu merupakan sebagai upaya antisipasi menghadapi musim hujan yang tidak lama lagi akan datang.

Rumah pompa yang dikelola Sudin SDA Jakarta Utara itu masing-masing tersebar di Kecamatan Penjaringan tujuh titik, Tanjung Priok dua titik, Koja empat titik, Cilincing satu titik.

Jumlah itu belum termasuk rumah pompa yang dikelola Dinas SDA DKI Jakarta maupun swasta.

"Masing-masing rumah pompa itu ada yang memiliki 1, 2 hingga 3 pompa. Namun untuk kapasitas pompanya sama, rata-rata 500 liter detik," kata Santo, Selasa (10/10).

Santo menambahkan jumlah itu masih didukung juga dengan dua pompa mobile yang ditempatkan di titik rawan genangan untuk mengantisipasi saat hujan datang..

"Selain itu didukung juga dua pompa mobile berkapasitas 200 liter per detik dan 100 liter per detik. Lalu ada 10 pompa alkon untuk penanganan yang sifatnya darurat," ujar Santo.

Sementara itu Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana mengatakan khusus di wilayahnya ada lima rumah pompa yang telah disiapkan sebagai upaya antisipasi musim hujan.

Kelima rumah pompa itu masing-masing adalah Rumah Pompa Yos Sudarso 1 dan 2. Kemudian Rumah Pompa Kirana, Rumah Pompa Kelapa Gading Don Bosco, Rumah Pompa Pulo Mas dan Rumah Pompa Asmi.

"Semua rumah pompa itu berada di bawah pengawasan Bidang Aliran Timur Dinas SDA DKI. Namun lokasinya ada di Kecamatan Kelapa Gading dan seluruhnya berfungsi dengan baik," kata Rukmana.

Selain itu pihaknya juga menyiapkan 10 pompa portable atau pompa mobile yang standby di titik rawan genangan seperti di depan Mall Of Indonesia (MOI) yang disiapkan dua unit.

Titik lainnya di antaranya ditempatkan di Rumah Pompa Sunter Kodamar, di Jalan Yos Sudarso, di Rumah Pompa Ancol di Jalan RE Martadinata dan di lokasi lainnya.

"Pompa stationer yang ada di lima rumah pompa itu masing-masing kapasitasnya 1,35 kubik per detik. Sedangkan untuk pompa mobile kapasitasnya 200 liter per detik," ungkapnya. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved