WartaKota/
Home »

Depok

Polisi Dalami Dugaan Kelalaian Dalam Kebakaran di Cinere Bellevue Mall

"Temuan awal sistem keamanan dan keselamatan tidak maksimal, Kenapa itu bisa terjadi, masih di dalami," kata Wakapolresta Depok

Polisi Dalami Dugaan Kelalaian Dalam Kebakaran di Cinere Bellevue Mall
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kebakaran yang terjadi di Cinere Bellevue Mall yang menyatu dengan apartemen Cinere Bellevue Suites, Rabu (4/10/2017) lalu. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Kepolisian Resort Kota Depok bersama tim Puslabfor Mabes Polri mulai melakukan penyelidikan olah tempat kejadian perkara dalam kasus kebakaran di Cinere Bellevue Mall yang menyatu dengan apartemen Cinere Bellevue Suites, Senin (9/10/2017).

Dari temuan awal sebelumnya diketahui bahwa sistem keamanan dan keselamatan di mal serta apartemen tersebut tidak berjalan maksimal saat kebakaran terjadi, Rabu (4/10/2017) lalu.

"Kami masih selidiki dugaan adanya unsur kelalaian dalam kebakaran di sana. Temuan awal sistem keamanan dan keselamatan tidak maksimal, Kenapa itu bisa terjadi, masih di dalami," kata Wakapolresta Depok AKBP Faizal Ramadhani, Senin (9/10/2017)

Kebakaran yang terjadi di Cinere Bellevue Mall yang menyatu dengan apartemen Cinere Bellevue Suites, Rabu (4/10/2017) lalu.
Kebakaran yang terjadi di Cinere Bellevue Mall yang menyatu dengan apartemen Cinere Bellevue Suites, Rabu (4/10/2017) lalu. (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)

Ia menyebutkan adanya beberapa hydrant yang tak berisi air namun tanah masih diperiksa lagi penyebabnya.

"Kami bersama Puslabfor Mabes Polri masih menginvestigasi ini, terutama penyebab dan pemicu kebakaran," katanya.

Menurutnya informasi awal, api berawal dari ruang genset.

Kapolsek Limo Ajun Komisaris Iskandar mengatakan dalam pemeriksaan dan olah TKP bersama Tim Puslabfor Mabes Polri, Senin siang sudah dipetakan sejumlah titik yang menjadi prioritas penyelidikan.

"Karena lahan cukup luas maka tadi sudah dipetakan fokus penyelidikan, yakni diantaranya pada ruangan generator atau genset di Basement," kata Iskandar.

Menurutnya sampai saat ini pihaknya sudah memeriksa lima saksi dalam kasus kebakaran ini.

Kelimanya adalah petugas teknis pengelolaan gedung dari beberapa bagian dan bidang termasuk petugas pengawas genset atau generator gedung.

Seperti diketahui kebakaran melanda pusat perbelanjaan Cinere Bellevue Mall (CBM) yang menyatu dengan apartemen Cinere Bellevue Suites (CBS) di Jalan Merawan, Pangkalan Jati, Cinere, Depok, Rabu (4/10/2017) malam.

Api diduga berasal dari ruang genset di basement yang merembet ke ruang mal.

Karena kebakaran, asap pekat sempat memenuhi apartemen dan membuat beberapa penghuni terjebak dan 8 orang diantaranya mengalami sesak nafas dan sempat dirawat di RS.

Bahkan sampai Kamis malam, titik api di CBM masih ada dan petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok terua melakukan pemadaman dan pendinginan.

Pemadaman dan pendinginan akhirnya rampung Jumat pagi.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help