Soekarno-Hatta Urutan Tujuh Bandara Paling Terkoneksi di Dunia

Bandara Soetta mendapat nilai indeks konektivitas 256, hanya terpaut satu poin dari Bandara Changi, Singapura, yang meraih nilai 257.

Soekarno-Hatta Urutan Tujuh Bandara Paling Terkoneksi di Dunia
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2017). 

WARTA KOTA, TANGERANG - Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dinobatkan sebagai bandara paling terkoneksi ketujuh di dunia, atau kedua di Asia Pasifik.

Hal tersebut berdasarkan laporan Megahubs International Index 2017, yang dipublikasikan oleh lembaga air travel intelligence asal Inggris, OAG.

Dalam laporan itu, Bandara Soetta mendapat nilai indeks konektivitas 256, hanya terpaut satu poin dari Bandara Changi, Singapura, yang meraih nilai 257.

Baca: Dubes RI untuk Malaysia Tak Mau TKI Jadi Pembantu Setelah Pulang ke Indonesia

Nilai indeks ini menggambarkan bahwa di Bandara Soetta terdapat sekitar 35 ribu kemungkinan konektivitas internasional dalam satu hari.

Dalam menentukan nilai indeks tersebut, OAG menghitung total kemungkinan konektivitas bandara untuk penerbangan datang (inbound) dan berangkat (outbond), dalam masa jendela waktu enam jam atau six hour window.

Kriteria untuk menentukan konektivitas di antaranya adalah penerbangan internasional menuju atau dari bandara tersebut (single international connections), penerbangan internasional yang termasuk domestik ke internasional, internasional ke domestik, serta international ke internasional.

Baca: Jokowi: Saya Punya Kambing 11 Ekor yang Jaga Tiga Orang, Rugi Saya

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan, Bandara Soetta merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 60 juta orang per tahun, dan terus mengalami peningkatan.

“Guna mengakomodir tumbuhnya permintaan penerbangan dari berbagai negara, AP II kini tengah melakukan pengembangan, baik di sisi udara maupun darat, sehingga bandara ini dapat maksimal dalam memanfaatkan potensinya,” ujar Awaluddin, Jumat (6/10/2017).

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help