WartaKota/

Seksi 1B dan 1C Tol Becakayu Dioperasikan Awal November

Ruas tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) bakal dioperasikan pada awal November 2017.

Seksi 1B dan 1C Tol Becakayu Dioperasikan Awal November
WARTA KOTA/ALEX SUBAN
Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan Kalimalang, di depan RS Harum, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017). 

WARTA KOTA, BEKASI - Ruas tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) bakal dioperasikan pada awal November 2017.

Hingga Oktober ini, pemerintah pusat masih menguji kelayakan tol pada seksi 1B Cipinang Melayu-Pangkalan Jati, dan seksi 1C Pangkalan Jati-Jakasampurna sejauh 11 kilometer.

Kepala Divisi III PT Waskita Karya Dono Parwoto mengatakan, pemegang konsesi tol, yakni PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), sedang melakukan uji kelayakan tol dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca: Pria Myanmar Lebih Nyaman Pakai Kain Sarung Ketimbang Celana

Ditargetkan, uji kelayakan itu akan rampung pada akhir Oktober, sehingga pengoperasian tol ini bisa dilaksanakan pada awal November 2017.

“Sampai sekarang petugas BPJT didampingi KKDM masih melakukan pemeriksaan di lapangan. Komponen yang diperiksa misalnya kelengkapan rambu, lampu, gerbang tol, kekuatan konstruksi dan sebagainya,” ujar Dono Parwoto saat dihubungi Warta Kota.

Dono mengatakan, secara kasat mata ruas tol tersebut sudah siap dilalui oleh kendaraan. Bahkan, beberapa rambu dan lampu penerangan jalan di seksi 1C di sisi utara dan selatan sudah dipasang. Namun, untuk gerbang tol (GT) masih dilakukan pembangunan oleh pihak kontraktor.

Baca: Pernah Berambisi Jadi Presiden, Pendiri Nikahsirri.com Janjikan UMR Rp 16 Juta per Bulan

Pantauan di lapangan, masing-masing ada dua gerbang tol di seksi 1B dan 1C. Posisi gerbang tol berada di jalan yang mengarah ke Jalan Raya Kalimalang (off ramp).

Untuk seksi 1B gerbang tol berada di dekat perempatan lampu merah Lampiri, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sedangkan seksi 1C gerbang tol berada di dekat Pasar Sumber Arta, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Sampai Jumat (6/10/2017) siang, pekerja proyek sedang membangun gerbang tol tersebut. Nantinya, transaksi gerbang tol ini menggunakan kartu elektronik (cashless) dengan sistem tertutup. Artinya, pengendara melaju di ruas tol itu dulu, sehingga transaksi dilakukan di pintu keluar.

Baca: DPRD Kota Bekasi Minta Pemkot Segera Teliti 47 Situs Baru

Meski pemerintah menargetkan ruas seksi 1B dan 1C bisa dioperasikan pada awal November, fakta di lapangan berbeda. Pembangunan jalan tol di sisi selatan atau yang mengarah ke Jakarta, tepatnya seksi 1B Cipinang Melayu-Pangkalan Jati, belum rampung.

Titik pembangunan yang belum tersambung tepatnya berada di dekat Universitas Borobudur. Bahkan, untuk sisi utara atau yang mengarah ke Bekasi di dekat daerah Cipinang Bali, beberapa pilar juga masih dibangun pekerja proyek. (*)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help