Penghuni Apartemen Cinere Bellevue ini Terjebak Asap, Sebut Pintu Darurat Tak Bisa Dibuka

Ia memastikan tidak ada bunyi alarm apa pun sebagai peringatan kebakaran. Parahnya, kata Lisa, gagang pintu darurat tak bisa dibuka.

Penghuni Apartemen Cinere Bellevue ini Terjebak Asap, Sebut Pintu Darurat Tak Bisa Dibuka
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Terjebak Asap Apartemen -- Lisa Puspita, penghuni apartemen Cinere Bellevue Suites (CBS) yang sempat terjebak asap di lantai 20 apartemen, saat kebakaran menimpa Cinere Bellevue Mall di bawahnya memberikan penjelasan. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Lisa Puspita (36) penghuni apartemen Cinere Bellevue Suites (CBS) yang sempat terjebak asap di lantai 20 apartemen, saat terjadi kebakaran di Cinere Bellevue Mall menyebutkan saat dirinya terperangkap di lantai 20 apartemen dengan kondisi lampu mati dan asap memenuhi ruangan apartemen.

Ia memastikan tidak ada bunyi alarm apa pun sebagai peringatan kebakaran. Parahnya, kata Lisa, gagang pintu darurat tidak bisa dibuka olehnya.

"Saya nggak tahu ada kebakaran atau apa karena nggak ada bunyi alarm. Yang pasti lampu mati dan dan saya cium bau kabel terbakar. Ternyata asap mulai masuk ke ruangan kami di lantai 20 lewat ventilasi," kata Lisa di Kantor Marketing Gallery PT Megapolitan Developments Jalan Merawan, Cinere, Depok, Jumat (6/10/2017).

Menurutnya dirinya sudah mulai panik dan berupaya keluar lewat pintu darutat meski seluruh ruangan gelap.

"Tapi bar dan handle pintu darurat nggak bisa dibuka dari arah saya. Saya bisa mati lemes dong, karena asap sudah naik semua memenuhi ruangan," kata Lisa.

Namun akhirnya, pintu darurat bisa dibuka oleh pihak tenant mal dari arah luar atau dari arah yang berbalikan dengan dirinya. Setelah itu ia baru berhasil dievakuasi petugas pada Kamis dinihari sekira pukul 03.00.

"Waktu saya tanya kenapa pintu darurat nggak bisa dibuka dari arah saya, katanya 'Itu standar keamanan'. Kok bisa standar keamanan seperti itu dan membuat kami hampir terlambat dievakuasi. Seharusnya pintu darurat kan bisa dibuka dari dua arah," kata Lisa.

Menurutnya dengan adanya peristiwa ini akhirnya diketahui bahwa standar keamanan gedung mal dan apartemen di Cinere Bellevue sangat tidak memadai.

"Hal- hal seperti ini ke depannya harus dilengkapi pengelola apartemen dan mal. Sebab dengan kejadian ini, ada beberapa standar keamanan gedung, yang tidak dipenuhi dan tidak berjalan baik," katanya.

Tidak adanya bunyi alarm peringatan kebakaran juga dikatakan Anto, karyawan Cinema XXI di lantai I Cinere Bellevue Mall.

"Sama sekali tidak ada bunyi alarm dan bunyi tanda peringatan apapun. Yang ada hanya mati lampu, baru ada info lewat pengeras suara kalau seluruh penghuni dan pengunjung keluar. Jadi sama sekali tidak ada bunyi alarm," katanya.

Seperti diketahui kebakaran melanda pusat perbelanjaan Cinere Bellevue Mall (CBM) yang menyatu dengan apartemen Cinere Bellevue Suites (CBS) di Jalan Merawan, Pangkalan Jati, Cinere, Depok, Rabu (4/10/2017) malam.

Api berasal dari ruang genset di basemen yang merembet ke ruang mal. Karena kebakaran, asap pekat sempat memenuhi apartemen dan membuat beberapa penghuni terjebak.

Bahkan sampai Kamis malam, titik api di CBM masih ada dan petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok terua melakukan pemadaman dan pendinginan. Pemadaman dan pendinginan akhirnya rampung Jumat pagi.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved