Penerimaan Pajak Kendaraan di Jakarta Barat Mencapai Rp 1,2 Triliun

"Kami menggelar razia bersama untuk menindak kendaraan bermotor yang belum melunasi tunggakan PKB," kata dia, Kamis (5/10).

Penerimaan Pajak Kendaraan di Jakarta Barat Mencapai Rp 1,2 Triliun
Joko Supriyanto
Petugas kepolisian meminta tandatangan pelanggar STNK yang terkena razia, Jumat (11/8). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Bintang Pradewo

WARTA KOTA, PALMERAH -- Realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Jakarta Barat hingga 30 September mencapai Rp 1,2 triliun.

Untuk meningkatkan penerimaan pajak kendaraan maka dilakukan razia.

Elling Hartono, Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB BBNKB) Kota Jakarta Barat mengatakan target PKB dan BBNKB Jakarta Barat senilai Rp 1,5 triliun.

Sedangkan realisasi penerimaan BBNKB hingga 30 September sebesar Rp 797 miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp 1,032 triliun.

Elling Hartono optimis penerimaan PKB dan BBNKB di Jakarta Barat dapat teralisasi secara maksimal hingga akhir 2017.

"Kami menggelar razia bersama instansi terkait yakni Kepolisian, Jasa Raharja, Bank DKI dan Polantas di sejumlah ruas jalan protokol se Jakarta Barat setiap bulan untuk menindak kendaraan bermotor yang belum melunasi tunggakan PKB," kata dia, Kamis (5/10).

Ia menegaskan, kendaraan bermotor roda dua dan empat yang terjaring razia PKB saat ini juga dikenakan sanksi denda administrasi sesuai aturan yang berlaku.

"Program penghapusan denda administrasi PKB sudah berakhir pada 31 Agustus 2017, sehingga kendaraan bermotor yang terjaring oleh petugas akan diminta melunasi pajak serta membayar denda," tegasnya.

Razia PKB yang digelar di Jalan Outer Ringroad Kembangan, Senin (2/10) berhasil menindak puluhan kendaraan bermotor roda dua dan empat.

"Di antaranya 14 kendaraan bermotor yang terjaring razia bersedia melunasi tunggakan PKB, 61 kendaraan bermotor dikenakan sanksi tilang, serta sembilan angkutan barang dikandangkan petugas Dishub," pungkasnya.(*)

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved