Pemilu 2019

Hari Ketiga Pendaftaran, Belum Ada Parpol yang Daftar ke KPU

Padahal, KPU sudah jauh-jauh hari memberitahukan pendaftaran calon parpol peserta‎ pemilu.

Hari Ketiga Pendaftaran, Belum Ada Parpol yang Daftar ke KPU
ISTIMEWA
Pemilu 2019 

WARTA KOTA, MENTENG - Hingga hari ketiga dibukanya pendaftaran partai politik calon peserta pemilu, belum ada satu pun parpol yang mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Padahal, KPU sudah jauh-jauh hari memberitahukan pendaftaran calon parpol peserta‎ pemilu.

"Sampai hari ini belum ada partai yang mendaftar. Yang ada, sampai dengan kemarin partai politik melakukan konsultasi, datang ke help desk," ungkap Komisioner KPU Viryan, di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Viryan menuturkan, hingga hari ketiga, partai politik lebih banyak melakukan konsultasi kepada KPU untuk proses mendaftar. Menurutnya, hingga saat ini ada 10 partai yang sudah melakukan konsultasi ke KPU sebelum melakukan pendaftaran.

Baca: Hari Ini KPU Mulai Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019

"Hari pertama ada enam partai, hari kedua ada empat partai," tuturnya.

‎Menurut Viryan, partai politik cukup aktif dalam melakukan pengisian dokumen di SIPOL. Mereka banyak menginput data, dan sudah hampir 100 persen dari 10 partai yang melakukan konsultasi ke KPU.

"Kita senang dengan perkembangan ini, artinya dari partai politik sungguh-sungguh menggunakan SIPOL sebagai instrumen untuk tertib administrasi dalam pendaftaran dalam Pemilu 2019," tuturnya.

Baca: Video Porno Gay Anak-anak Dijual di Twitter, Dikirim Lewat Telegram

KPU membuka masa pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum 2019, sejak Selasa (3/10/2017).

"Pendaftaran akan dibuka selama 14 hari hingga 16 Oktober 2017. Pendaftaran dibuka Selasa 3 Oktober 2017 dan ditutup Senin 16 Oktober 2017," jelas Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantornya, Senin (2/10/2017).

Wahyu menuturkan, selama 14 hari masa pendaftaran, KPU akan melayani pendaftaran parpol calon peserta pemilu ‎mulai pukul 08.00 WIB. Pendaftaran sampai hari ke-13 ditutup pukul 16.00 WIB.

"Pada hari ke-14 pendaftaran akan ditutup pada pukul 24.00 WIB," ucap Wahyu. (*)

Penulis: M Zulfikar
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help