VIDEO: Audisi Kartu Bebas Ngamen Bawakan Lagu One Last Cry

Hasilnya dari sekitar 400 pengamen yang mendaftar sebanyak 55 pengamen dinyatakan lolos audisi pada September lalu.

WARTA KOTA, JAKARTA- Sebanyak 60 pengamen atau musisi jalanan telah dinyatakan lolos audisi Kartu Bebas Ngamen atau Support Performer Card (Supercard) Jabodetabek II, yang digelar Kemendikbud bersama Institut Musik Jalanan (IMJ) selaku penggagas program ini, pada 25 Agustus lalu.

Namun tingginya antusias para musisi jalanan atau pengamen se Jabodetabek membuat audisi tahap ke dua Supercard Jabodetabek ini dibuka bagi peserta susulan.

Hasilnya dari sekitar 400 pengamen yang mendaftar sebanyak 55 pengamen dinyatakan lolos audisi pada September lalu.

"Ini artinya pada audisi Supercard Jaboedetabek ke dua ini ada 115 pengamen jalanan yang lolos audisi. Mereka akan ditempatkan mengamen di tempat tertentu yang layak mulai dari mal, resto, cafe dan hotel di Jabodetabek yang disiapkan Kemendikbud," kata Andi Malewa, pendiri IMJ sekaligus penggagas program ini kepada Warta Kota, Rabu (4/10/2017).

Ia mengatakan ke 115 pengamen ini telah menjadi workshop yang digelar pihaknya bersama IMJ di Markas IMJ di Depok, sebelum nantinya tampil di tempat yang disediakan Kemendikbud.

"Sementara ini kami masih fokus pada pembinaan karena jumlah peserta yang lolos cukup banyak, sekitar 115 orang. Kemampuan bermusik mereka tidak merata jadi masih difokuskan pada pembinaan," kata Andi.

Selain membina teknis bermusik dan penampilan mereka, IMJ juga membina sikap dan perilaku para musisi jalanan.

Program Audisi Supercard Jabodetabek II ini merupakan program kelanjutan yang diselenggarakan Kemendikbud dan merupakan ide dari Andi Malewa selaku pendiri IMJ.

Dalam tahapan audisi para pengamen menunjukkan kemampuan bermusiknya baik saat tampil seorang diri atau saat dalam tim atau band.

"Cukup banyak musisi jalanan yang berkelas dan sangat baik kemampuan bermusiknya," kata Andi.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved