Korut Gandeng Perusahaan Rusia untuk Layanan Internet Baru, Para Pakar Khawatir

Rencana Korea Utara membuka koneksi internet baru melalui sebuah perusahaan telekomunikasi Rusia dikhawatirkan para pakar.

Korut Gandeng Perusahaan Rusia untuk Layanan Internet Baru, Para Pakar Khawatir
Antaranews.com
Arsip: Pejalan kaki melewati layar TV yang melaporkan peluncuran rudal oleh Korea Utara di Tokyo, Jepang, Jumat (15/9/2017). (REUTERS/Issei Kato ) 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Korea Utara (Korut) membuka koneksi internet baru dengan dunia luar, yang kali ini melalui perusahaan telekomunikasi Rusia TransTeleCom.

Langkah tersebut dikhawatirkan oleh para pakar keamanan dunia maya karena ia akan memperkuat internet negara itu dan kemampuannya untuk melakukan serangan siber.

Korut dipersalaahkan karena beberapa serangan dunia maya besar dalam tahun-tahun terakhir, termassuk terhadap bak-bak dan Sony Pictures dan serangan WannaCry ransomware. Seperti biasa Pyongyang membantah keterlibatannya.

Perusahaan yang memantau konektivitas internet Dyn Search mengatakan,  pihaknya telah melihat perusahaan TransTeleCom melakukan konektivitas lalu lintas Korea Utara sejak sekitar pukul 0900 GMT (pukul 16.00 WIB) pada hari Minggu.

Lalu lintas koneksi internet sebelumnya ditangani melalui China Unicom.

TransTeleCom tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan keterangannya atas laporan tersebut.

Internet Korut terbatas pada beberapa ratus koneksi. Namun koneksi tersebut sangat penting untuk mengkoordinasikan serangan siber di negara ini, menurut kepala kantor teknologi FireEye untuk kawasan Asia Pasifik Bryce Boland.

Boland juga memastikan koneksi baru tersebut, yang kali pertama dilaporkan oleh 38 North, sebuah proyek di Institut Korea Selatan-Amerika Serikat di Johns Hopkins School of Advanced International Studies (SAIS).

Boland mengatakan, koneksi dari Rusia akan meningkatkan kemampuan Korut untuk memimpin serangan siber di masa depan, demikian Reuters.

Editor: YB Willy Pramudya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help