Air Curug Parigi Bekasi Kerap Tercemar Limbah

Curug Parigi di Kelurahan Cikiwul, Bantargebang, Kota Bekasi memiliki potensi wisata. Namun, sayang aliran air di sana kerap tercemar limbah pabrik.

Air Curug Parigi Bekasi Kerap Tercemar Limbah
Istimewa
ILUSTRASI Limbah produksi yang dibuang ke kali. 

WARTA KOTA, BEKASI-Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, menilai Curug Parigi di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi memiliki potensi wisata. Namun, sayang aliran air di sana kerap dicemari oleh limbah pabrik.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Kustantina mengatakan, sudah banyak masyarakat yang mengeluh karena adanya limbah pabrik di aliran curug itu. Bahkan pihaknya kerap menguji kandungan air di laboratorium dan hasilnya tercemar limbah pabrik.

"Air akan terus tercemar selama pabrik yang berdiri di bantaran Sungai Cileungsi atau di bagian hulu terus membuang limbahnya yang tidak sesuai baku mutu tersebut ke sungai," kata Kustantina di Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Selasa (3/10/2017).

Kustantina menyatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kebersihan aliran air di sana. Salah satunya adalah menjalin nota kesepahaman (MoU) tentang penanganan limbah antara dinasnya dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Namun berdasarkan inspeksi mendadak (sidak) petugas beberapa waktu lalu, pencemaran justru bersumber dari aliran Sungai Cileungsi.

"Kita sudah sering berkirim surat ke Kabupaten Bogor sebagai bentuk peringatan terhadap kebersihan Kali Bekasi," ujarnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved