Koran Warta Kota

Ibu-ibu Mengelus Patung Ade Irma

Terlihat ada yang berbeda di Museum AH Nasution di Jalan Teuku Umar, Jakarta. Museum itu diserbu ratusan warga.

Ibu-ibu Mengelus Patung Ade Irma
Ratusan warga menyerbu Museum AH Nasution di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9). (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda) 

WARTA KOTA, MENTENG -- Hari Sabtu (30/9), tepat 52 tahun peringatan peristiwa berdarah pembantaian tujuh orang pahlawan revolusi atau dikenal Pemberontakan Gerakan 30 September/PKI.

Terlihat ada yang berbeda di Museum AH Nasution di Jalan Teuku Umar, Jakarta. Museum itu diserbu ratusan warga.

Mereka terutama ingin melihat diorama terbunuhnya Ade Irma Suryani, anak Jenderal AH Nasution. Ade Irma Suryani tewas tertembak pasukan Tjakrabirawa pada 30 September 1965 malam.

Separo Jalan Teuku Umar dijadikan parkir mobil pengunjung yang berdatangan ke museum. Di pintu depan, pengunjung juga terlihat mengantre menunggu masuk.

Sedangkan, pengunjung lainnya tengah memperhatikan pemandu museum menerangkan peristiwa penculikan Jenderal AH Nasution yang gagal.

"Di sini pasukan Tjakrabirawa berusaha masuk ke dalam kamar Jenderal AH Nasution, namun pintu segera ditutup. Saat itulah pasukan Tjakrabirawa memberondong pintu kamar tidur dan mengenai Ade Irma," ucap seorang pemandu.

Di bagian ruang tengah museum alias ruang makan, terdapat diorama pasukan Tjakrabirawa dan sosok istri AH Nasution, Johanna Sunarti, menggendong Ade Irma yang penuh bercak darah.

Lokasi tersebut menjadi favorit para pengunjung untuk berfoto disamping diorama Johanna Sunarti yang menggendong Ade Irma.

Banyak kaum ibu terlihat mengelus-ulus kepala patung Ade Irma. Tak hanya patung diorama di ruang tengah, sebuah ruangan di sebelah kiri museum juga menjadi perhatian dan pusat foto para pengunjung.

Dalam ruangan itu ajudan AH Nasution, Kapten Czi Pierre Tendean, diculik dan dibawa ke Lubang Buaya oleh pasukan Tjakrabirawa.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved