Baru Mau Transaksi, 4 Pengedar Sabu Dibekuk

Aparat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Timur berhasil membekuk empat pengadar narkotika dengan sejumlah barang bukti berupa sabu.

Baru Mau Transaksi, 4 Pengedar Sabu Dibekuk
Warta Kota/Joko Supriyanto
Barang bukti pengungkapan kasus narkoba di Polres Jakarta Timur. 

WARTA KOTA, JATINEGARA-Aparat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Timur berhasil membekuk empat pengadar narkotika dengan sejumlah barang bukti berupa sabu.

Empat pengedar tersebut bernama Iwan Setiawan (30) Achmad Zulfikar (29) Leonaldo (34) dan Zulfikar Zul, (31).

Penangkapan bermula dilakukan terhadap Iwan Setiawan di Jalan Panca Warna, Jatinegara, Jakarta Timur, rabu (27/9) pukul 23.00 wib. Iwan ditangkap saat sedang ingin melakukan transaksi. Sedikitnya 0,27 gram sabu-sabu berhasil diamankan.

"Ketika dalam pemeriksaan tersangka Iwan mengaku kalau narkoba itu didapat dari Ahmad Zulfikar dan Zulfikar,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombespol Andry Wibowo, Sabtu (30/9/2017).

Selanjutnya dari hasil pemeriksaan, petugas langsung melakukan pengembangan, untuk memancing para pengedar lainya, polisi pun meminta Iwan untuk bertemu oleh kedua pelaku lainnya. 

Untuk memancing pertemuan tersebut Iwan berpura-pura ingin bertemu karena ingin memberikan uang hasil penjualan, hingga akhir ada kesepatakan mereka akan melakukan pertemuan.

Selang beberapa menit kemudian Ahmad dan Zulfikar pun tiba. Tidak banyak bicara penangkapan dilakukan. Kedua pelaku tersebut tanpa adanya perlawanan.

Namun saat dilakukan pemeriksaan ternyata masih adanya pelaku lainnya. Yaitu Leonaldo. Dalam hal ini Leo berperan sebagai pemasok kristal putih tersebut.

"Ternyata yang sebagai pemasok ini tidak datang, untuk itu kami lakukan pengembangan lagi," katannya.

Selanjutnya pada Jumat (29/9) pukul 14.30 wib, keberadaan Leo berhasil diendus, sehingga dengan cepat petugas langsung menuju lokasi.

Saat dilakukan pengerebekan ternyata petugas mendapati leo tengah menyiapkan paket sabu didalam rumahnya Jalan DI Panjaitan Kebon Nanas, Jatinegara.

Dari pengerebekan tersebu petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 56, 96 gram sabu siap edar.

Andry menjelaskan bisnis haram itu telah berjalan cukup lama. Barang haram itu diedarkan bukan hanya di Jakarta Timur saja. Melainkan menyasar ke wilayah lain. Dari hasil penangkapan keempat pengedar sabu barang bukti yang berhasil disita kurang lebih sebanyak 57 gram sabu.

Hingga saat ini para pelaku masih dalam proses pemeriksaan. Atas perbuatannya, mereka dierat pasal 114 undang-undang narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara. (Joko Supriyanto)

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help