Awas Gunung Agung

Sudah Terjadi Rekahan, Gunung Agung Siap Meletus

Setelah terjadi rekahan, menurut Suantika, gunung api berpotensi terjadi gempa tremor dan keluar lava.

Sudah Terjadi Rekahan, Gunung Agung Siap Meletus
INSTAGRAM
Gunung Agung yang dipotret pemilik akun Instagram@pagehmde, Selasa (26/9/2017) pagi. 

WARTA KOTA, DENPASAR - I Gede Suantika, Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, membenarkan sudah terjadi rekahan-rekahan pada kawah Gunung Agung.

Setelah terjadi rekahan, menurut Suantika, gunung api berpotensi terjadi gempa tremor dan keluar lava.

"Iya ke arah sana (tremor dan keluarnya lava). Jadi kemungkinan aliran lava akan datang dari sana," kata Suantika kepada awak media melalui sambungan telepon, Jumat (29/9/2017).

Baca: Tubuh Gunung Agung Makin Membesar

Suantika mengungkapkan, selama pengamatannya dua hari terakhir, asap putih mulai rutin terlihat keluar dari kawah Gunung Agung. Padahal, sebelumnya asap jarang terlihat, dan bahkan tidak pernah terlihat dari jauh.

"Dulu kan uap putih itu tidak bisa kita lihat dari jauh, hanya bisa dilihat dari kawah saja. Sekarang kan sudah bisa dilihat dari jauh. Artinya tekanan gas yang keluar ya itu makin besar," paparnya.

Keluarnya asap secara rutin dari kawah Gunung Agung ini, lanjut Suantika, dimungkinkan karena adanya perluasan area solfatara. Suantika kembali menegaskan, saat ini Gunung Agung masih level IV (Awas), dan masih kritis.

Baca: Gubernur Bali Boleh Pakai Dana Belanja Tidak Terduga untuk Bantu Pengungsi Gunung Agung

"Jadi sudah siap mau meletus," tegasnya.

Devi Kemil, Kasubid Mitigasi Gunung Api PVMBG Kementerian ESDM menambahkan, dari citra satelit, telah terlihat sobekan atau rekahan di kawah gunung Agung. Terlihatnya rekahan ini seiring meningkatnya aktivitas vulkanik di tubuh Gunung Agung.

Halaman
123
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help