Ada SIM Palsu Dibuat dari SIM Asli, Ini Video Cara Pembuatannya

Herman Pohan yang menjadi tersangka dulunya sempat bekerja di Satlantas Polrestabes Medan, sebagai penjaga loket

WARTA KOTA, JAKARTA- Polisi membongkar pabrik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu di Jalan Setia Luhur, Gang Arjuna, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Helvetia, Medan, Sumatera Utara.

Rupanya para tersangka sangat mudah untuk menyulap SIM bekas ini menjadi SIM palsu siap jadi. 

Herman Pohan yang menjadi tersangka dulunya sempat bekerja di Satlantas Polrestabes Medan, sebagai penjaga loket 5 pembuatan SIM. Sehingga ia mengetahui dan sudah tahu cara pembuatan SIM.

Saat mempraktekkan pembuatan SIM, HR terlihat memilih salah satu SIM bekas yang belum tergunting dan masih dalam keadaan layak dipergunakan kembali. Selanjutnya Herman membersihkan dan menggunting fotokopi data SIM yang akan dipalsukan dan mengambil foto untuk dijadikan SIM tersebut.

“SIM bekasnya dilakban lalu dicuci bersih dan ditarik lakbannya sehingga data yang lama lengket di lakban tersebut. Lalu merekatkan lakban baru pada data kopian tersebut dan melaminating SIM. Sehingga seolah-olah menjadi seperti SIM baru yang dikeluarkan secara resmi oleh Kepolisian,“ kata Herman, Kamis (28/9/2017).

Dirkrimum Polda Sumut,  Kombes Pol Nurfallah mengatakan para tersangka memperoleh SIM bekas untuk dipalsukan tersebut dari tempat pembuangan SIM dari Satlantas di daerah Marelan.

"Jadi mana yang masih bagus itulah yang digunakan untuk pembuatan SIM palsu. Dengan teknik yang dipelajari sendiri, yaitu bagian bawah SIM dibuang kecuali lambang Polri, lalu diketikkan kertas print untuk data. Jadi siapa yang memesan baru dikerjakan," kata Nurfallah, Kamis (28/9/2017).

"Mereka biasanya beralasan kepada calon korban, kalau SIM yang dibuat merupakan SIM tembak. Untuk harga biasa mereka buat di kisaran Rp 450 ribu hingga 650 ribu rupiah, tergantung SIM apa yang minta dibuatkan,“ tambahnya.

Nurfallah menuturkan dari informasi sementara, yang dihimpun dari keterangan para tersangka, mereka mengaku sudah beroperasi kurang lebih empat bulan terakhir, dan sudah 70 SIM yang dikeluarkan di masyarakat luas.(cr9/tribun-medan.com)

Editor: ahmad sabran
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help