WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Tujuh Puskesmas di Kecamatan Jaksel Sudah Terakreditasi

Ada empat tingkat akreditasi yang di ranking Jaminan Kesehatan Nasional, yaitu tingkat Dasar, Madya, Utama dan tingkat tertinggi Purna.

Tujuh Puskesmas di Kecamatan Jaksel Sudah Terakreditasi
Warta Kota/Feryanto Hadi
Sejumlah wanita menunggu giliran dipanggil pada acara Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Tujuh dari sepuluh Puskesmas Kecamatan di wilayah Jakarta Selatan telah terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Demikian dikatakan Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan Henny Fachrudin, Jumat (22/9/2017).

Puskesmas Kecamatan yang telah terakreditasi, lanjut Henny, di antaranya yaitu Puskesmas Kecamatan Cilandak, Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, Puskesmas Kebayoran Lama, Puskesmas Pancoran, Puskesmas Pasar Minggu, Puskesmas Jagakarsa dan Puskesmas Setiabudi.

Henny menuturkan, ada empat tingkat akreditasi yang di ranking Jaminan Kesehatan Nasional, yaitu tingkat Dasar, Madya, Utama dan tingkat tertinggi Purna.

"Tiga Puskesmas Kecamatan terakreditasi tertinggi yaitu Purna, didapat oleh Puskesmas Cilandak, Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama, untuk akreditasi peringkat Utama yaitu Puskesmas Pancoran, Pasar Minggu dan Jagakarsa, sementara akreditasi tingkat Madya itu Puskesmas Kecamatan Setiabudi," ungkapnya.

Untuk tiga Puskesmas lainnya, lanjut Henny, rencananya akan segera memasuki tahap akreditasi.

"Untuk Tebet sudah dikunjungi oleh Tim Surveyor Akreditasi hari Rabu lalu, selanjutnya tim akan menilai ke Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, lalu dilanjutkan ke Puskesmas Kecamatan Mampang," jelasnya.

Henny menjelaskan, ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan akreditasi tersebut, di antaranya adalah standar administrasi dan manajemen yang meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, serta peningkatan mutu Puskesmas.

"Saat ini, pelayanan Puskesmas harus memiliki akreditasi. Pelayanan Puskemas diharapkan dapat sesuai dengan SPM (Standart Pelayanan Minimum) yang sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help