Pariwisata

Pariwisata Bali Tetap Aman, Tak Terganggu oleh Erupsi Gunung Agung

Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, pariwisata di Bali tetap aman.

Pariwisata Bali Tetap Aman, Tak Terganggu oleh Erupsi Gunung Agung
Kompas.com
Sejumlah wisatawan mancanegara di Pantai Kuta, Bali. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan pariwisata di Bali tetap aman meski terjadi erupsi Gunung Agung di Pulau Dewata.

"Hingga saat ini kondisi pariwisata di Bali masih aman untuk dikunjungi, kecuali di dalam radius yang dilarang oleh PVMBG untuk melakukan aktivitas di sekitar Gunung Agung," kata Sutopo kepada wartawan Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Dia mengatakan adanya pemberitaan yang berlebihan, bahkan banyak informasi menyesatkan atau hoax yang beredar di masyarakat tentang peningkatan status Gunung Agung menyebabkan sebagian masyarakat takut berkunjung ke Pulau Bali.

Bahkan, kata dia, masyarakat di Bali sebagian ikut panik. Beberapa kedutaan asing menanyakan Posko BNPB mengenai kondisi aktivitas Gunung Agung dan penanganannya.

Baca: Meski Belum Ada Hewan Turun Gunung Agung, Tanda-tanda Ini Sudah Cukup Bikin Warga Mengungsi

Dia merinci sejumlah kawasan wisata aman untuk dikunjungi wisatawan, di antaranya Tanah Lot, Uluwatu, Danau Beratan Bedugul, Istana Tampak Siring, Bali Safari and Marine Park, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Sanur, Tanjung Benoa, Goa Gajah, Kawasan Nusa Penida, Pantai Kuta dan lainnya.

Jadi, kata dia, tempat wisata di Bali masih aman. Silakan masyarakat tetap berkunjung untuk menikmati indahnya alam, budaya, kuliner dan lainnya di Pulau Dewata.

Pemerintah pasti akan menyampaikan peringatan dini dan informasi yang akurat ketika ada ancaman terhadap masyarakat.

Menurut dia, tidak ada dampak langsung dari kenaikan status Gunung Agung menjadi siaga terhadap kawasan wisata tersebut.

Lokasi wisata di daerah tersebut jauh dari Gunung Agung.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help