Monyet Liar Muncul di Kawasan PIK Akibat Ulah Manusia

Keberadaan monyet-monyet liar di kawasan Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara keluar dari habitatnya ternyata diakibatkan ulah manusia.

Monyet Liar Muncul di Kawasan PIK Akibat Ulah Manusia
Monyet di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (2/5/2014).(BARRY KUSUMA) 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

WARTA KOTA, PENJARINGAN -- Keberadaan monyet-monyet liar di kawasan Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara keluar dari habitatnya ternyata diakibatkan ulah manusia.

Pasalnya para pengendara yang melintas di Jalan Pantai Indah Utara 2 kerap memberikan makanan kepada monyet-monyet tersebut.

"Padahal tindakan itu nggak boleh. Monyet udah dtata nggak boleh dikasih makan. Tapi namanya orang, masyarakat luas susah dibilangin," ujar Ketua RT 011 RW 07 Kapuk Muara, Sudarman (55), Jumat (22/9).

Sudarman menceritakan sebenarnya di dalam habitat monyet ekor panjang di Suaka Marga Satwa Muara Angke sudah ada makanan yang bisa dkonsumsi setiap hari..

"Dulu mereka itu di dalam semua cuma karena ulah manusia, jadi begini. Seharusnya masyarakat jangan kasih makan karena di dalam itu udah ada makanannya. Jadi ini ulah manusia juga, jangan salahin monyetnya," ucapnya.

Padahal dengan memberikan makanan tersebut justru berakibat dampak negatif seperti kemacetan hingga aksi kejahatan yang mungkin saja terjadi.

"Kalau udah begitu kan ada saja yang ambil kesempatan dalam kesempitan melakukan kejahatan," sambungnya. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help