Wali Kota Sebut Ormas Bisa Dorong Pembangunan Wilayah

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi memberikan apresiasi terhadap keberadaan ormas yang menurutnya mampu melakukan sinergi positif dengan pemerinta

Wali Kota Sebut Ormas Bisa Dorong Pembangunan Wilayah
Warta Kota/Dwi Julia/PK1
Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, saat melakukan sosialisasi larangan penggunaan tabung gas elpiji berukuran 3 kg bago aparat sipil negara di Jalan Kerinci Raya, Rt 8/2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2017). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA -- Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi memberikan apresiasi terhadap keberadaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang menurutnya sejauh ini mampu melakukan sinergi positif dengan pemerintah khususnya dalam rangka mendorong pembangunan di wilayah.

"Pelaksanaan pembangunan di Jakarta Selatan tentunya tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa adanya peran serta masyarakat," kata Tri saat membuka acara Penguatan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kota Administrasi Jakarta Selatan, di Aula Kantor Kecamatan Kebayoran Lama, Senin (18/9/2017).

Tri Kurniadi menjelaskan, Ormas merupakan mitra pemerintah, yang tentunya selalu diharapkan untuk dapat aktif dalam berpartisipasi untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

"Organisasi yang menyadari keadaan dinamis akan lebih peka terhadap segala perubahan yang terjadi di luar, jika dibandingkan dengan organisasi yang acuh tak acuh terhadap perubahan lingkungan," ujarnya.

Menurut Tri Kurniadi, saat ini, Ormas tengah didorong untuk mandiri dalam hal pelaksanaan pemberdayaan maupun pembinaan. Ormas, menurutnya, tidak lagi dimonopoli oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, tetapi dilaksanakan oleh pihak lain sesuai ketentuan yang berlaku.

"Pemerintah melakukan berbagai kebijakan strategis dalam hal penanganan Ormas. Kebijakan yang dimaksud adalah meliputi bidang regulasi, pemberdayaan dan pembinaan maupun manajemen organisasi yang telah disesuaikan dengan kondisi di ruang publik," paparnya.

Sementara itu, Matsani selaku Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Selatan mengatakan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, sangat memerlukan partisipasi masyarakat.

Oleh karena itu, acara ini diharapkan dapat terus menumbuhkan peran Organisasi Masyarakat, dalam pembangunan di wilayah Jakarta Selatan.

"Kalau Organisasi Masyarakat itu kita dorong dan kita berdayakan, InsyaAllah pembangunan di Jakarta Selatan akan lebih lancar," imbuhnya.

Matsani mengungkapkan, dirinya mengundang sekitar 220 Ormas untuk dapat hadir dalam kegiatan ini di antaranya FKPPI, FBR, Forkabi, Muslimat-Fatayat, FKDM, LMK.

"Saya berharap, Ormas terus menjadi bagian yang sangat penting bagi proses-proses pembangunan di Jakarta Selatan, terutama Ormas ini punya peran memberikan pemahaman kepada anggotanya untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar 1945,"

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help