WartaKota/

Festival Film Perdamaian akan Berikan Anugerah kepada Para Tokoh Dunia

IFFPIE memlih sembilan film yang layak masuk nominasi dari 526 film yang berasal dari 52 negara untuk memperebutkan gelar film terbaik.

Festival Film Perdamaian akan Berikan Anugerah kepada Para Tokoh Dunia
Warta Kota/Nur Ichsan
IFFPIE memlih sembilan film yang layak masuk nominasi dari 526 film yang berasal dari 52 negara untuk memperebutkan gelar Film Terbaik. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Dalam rangka memperingati Hari Perdamaian Sedunia (World Peace Day), International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) memlih sembilan film yang layak masuk nominasi dari 526 film yang berasal dari 52 negara untuk memperebutkan gelar film terbaik.

IFFPIE adalah sebuah festival film perdamaian berskala internasional yang telah berlangsung selama enam tahun. Festival ini bekerjasama dengan International Dilm Competition (IFCOM) dan didukung oleh Madukara, Dewan Kreatif Rakyat (DKR), World Film Council, Film Festivals Alliance, i-Hebat International Volunteers, dan Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai media partner

Dalam siaran pers yang diterima Warta Kota,Sabtu (16/9), pihak panitia menyampaikan, pengumuman festival ini akan dilakukan di Bali, Indonesia dan dihadiri langsung oleh para sineas dari berbagai negara.

Damien Dematra selaku pendiri dan direktur IFFPIE mengatakan, hadirnya IFFPIE yang pada tahun ke-6 ini diikuti berbagai kalangan menunjukkan bahwa isu perdamaian telah menjadi isu bersama.

"Kondisi yang memprihatinkan di Rohingya, Timur Tengah dan semenanjung Korea semakin menunjukkan pentingnya arti perdamaian," katanya.

Sri Anglung Prabu Punta Djajanagara dari Majelis Adat Budaya Keraton Nusantara (Madukara) bekerjasama dengan Film Festivals Alliance mengambil posisi terdepan dalam pelaksanaan acara World Peace Day tahun ini lewat festival ini.

"Festival film IFFPIE adalah festival film perdamaian dan inspirasi terbesar di dunia, pada saat ini," katanya.

Pada tahun-tahun sebelumnya IFFPIE telah memberikan penghargaan kepada berbagai tokoh yang dianggap membawa pesan perdamaian dan inspirasi seperti Presiden Joko Widodo, Presiden Amerika Serikat ke-39 Jimmy Carter, Paus Yohanes II, Leonardo DiCaprio, dsb.

Menurut Duta Perdamain Natasha Dematra, pada tahun ini, di samping IFFPIE memberikan penghargaan untuk film terbaik, festival juga akan memberikan penghargaan The Highest Peace Prize kepada John Hume; aktivis Irlandia yang telah meraih Nobel Perdamaian, Presiden Amerika ke-42; Bill Clinton, Presiden Amerika ke-39 Jimmy Carter, PM Inggris John Major, PM Inggris Tony Blair dan sutradara Cheryl Halpern.

Dari sembilan film yang masuk nominasi, film asal Portugis karya Wagner de Assis berkisah tentang seorang anak perempuan yang dikejar-kejar oleh media saat dunia tahu bahwa ia berkemampuan untuk menyembuhkan penyakit.

Halaman
12
Penulis: Nur Ichsan
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help