Sembilan Kecamatan di Kabupaten Bekasi Dilanda Kekeringan

Sembilan kecamatan di Kabupaten Bekasi tak hanya alami kekeringan, tetapi sudah masuk kondisi siaga kekeringan sejak beberapa pekan lalu.

Sembilan Kecamatan di Kabupaten Bekasi Dilanda Kekeringan
Kompas.com
ILUSTRASI - Sawah kering 

WARTA KOTA, BEKASI -- Sembilan kecamatan di Kabupaten Bekasi dinyatakan mengalami kekeringan. Bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menetapkan kondisi siaga darurat kekeringan sejak beberapa pekan lalu.

"Warga banyak yang kesulitan memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," kata Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Aspuri.

Aspuri menjelaskan, sembilan wilayah yang mengalami kekeringan itu berada di Kecamatan Cibarusah, Bojong Manggu, Cikarang Pusat, Serang Baru, Cikarang Selatan, Muara Gembing, Sukatani, Babelan dan Cikarang Timur.

Dari sembilan kecamatan itu, wilayah Cibarusah yang paling parah dilanda kekeringan.

"Warga terpaksa mengambil air di kali Cipamingkis dan Cihoe yang sudah keruh karena debit air berkurang," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah setempat sudah memberitahukan siaga darurat kekeringan ini ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Saat ini, pemerintah memberikan bantuan pasokan air yang dikirim PDAM Tirta Bhagasasi.

"Kami siagakan personel dengan delapan mobil tangki dengan masing-masing truk berisi 5.000 liter. Kami juga berikan jerigen ke setiap kepala keluarga. Meskipun pasokan air, tapi kami terus pantau perkembangannya," jelasnya.

Dia mengatakan, sejumlah wilayah mengalami kekeringan lantaran hujan yang tak kunjung turun membuat sumur serta mata air yang biasa digunakan warga mengering.

Terparah

Tiga desa di Kecamatan Cibarusah dinyatakan menjadi daerah yang mengalami kekeringan terparah.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved