WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Warga Tolak Penutupan Perlintasan Sebidang, Dishub: Kalau Tertabrak Kereta Mau Tanggung Jawab?

Penutupan perlintasan sebidang di Jalan Kyai Tapa, dilakukan sebagai antisipasi kecelakaan apabila kereta api melintas.

Warga Tolak Penutupan Perlintasan Sebidang, Dishub: Kalau Tertabrak Kereta Mau Tanggung Jawab?
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Perlintasan sebidang di Jalan Kyai Tapa, Jakarta Barat 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, GAMBIR - Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak mengatakan, penutupan perlintasan sebidang di Jalan Kyai Tapa, dilakukan sebagai antisipasi kecelakaan apabila kereta api melintas.

"Ini semua demi keselamatan. Kan ada Perda-nya juga, kalau ada perlintasan sebidang, kendaraan harus melewati underpass atau flyover. Di sana kan sudah ada flyover, jadi harus ditutup," ujar Harlem saat dikonfirmasi Warta Kota, Rabu (13/9/2017).

Harlem mengaku sudah melihat spanduk yang dipasang oleh warga RW 07, 08, 09, dan 12 Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, yang menolak penutupan perlintasan sebidang. Menanggapi hal itu, ia menyatakan setiap kebijakan yang dilakukan ditujukan untuk kepentingan yang lebih besar.

Baca: Ini Dia TKI Teladan 2017, Enam Tahun Kerja di Korea Selatan Tak Pernah Bolos

"Kalau ada yang tertabrak kereta, memangnya warga yang mau tanggung jawab? Karena itu setiap kebijakan harus dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Bahwa ada kepentingan yang lebih besar daripada kepentingan sekelompok orang saja," tuturnya.

Terkait 'jalur mati' di Jalan Kyai Tapa yang berpotensi akan dijadikan lahan parkir liar dan PKL, Harlem menyatakan instansi pemerintah akan bekerja sama, agar lahan yang tak terpakai tersebut tak disalahgunakan.

"Kami akan berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain untuk mengantisipasinya. Seperti yang di perlintasan sebidang Senen, itu kan akhirnya dimanfaatkan sebagai feeder TransJakarta. Kami akan bekerja sama nantinya," ungkap Harlem.

Perlintasan sebidang di Jalan Kyai Tapa dekat ITC Roxy Mas akan dilakukan uji coba penutupan pada 28 September hingga 12 Oktober 2017. Apabila dinilai efektif, penutupan akan dipermanenkan pada 20 Oktober 2017. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help