Tongtoll Laris Manis di Toko Online

Tongkat pemegang kartu e-money atau disingkat tongtoll, kini laris manis dijual di toko online.

Tongtoll Laris Manis di Toko Online
istimewa
Tongtoll kini banyak dijual di toko online. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Mulai diberlakukannya pembayaran non tunai di gerbang tol mulai Oktober 2017, menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang.

Setelah beken tongsis untuk melakukan swafoto, kini dengan fungsi yang hampir sama, tongkat kartu e toll atau sering disingkat dengan tongtoll mulai marak dijual. Terutama di toko online. Bahkan menjadi barang yang terlaris sejak pekan ini.

Communications Lead Tokopedia Siti Fauziah mengatakan, pihaknya mulai menjual tongtoll ini sejak 3 hari lalu dan langsung menjadi item terlaris.

"Kami mulai menjual 3 hari lalu, 11 September 2017 dan menjadi hotlist terlaris di minggu ini," katanya saat dihubungi Warta Kota, Kamis (14/9/2017).

Namun dengan alasan kebijakan perusahaan, ia enggan menjelaskan sampai berapa unit yang terjual. Begitu juga item mana yang menjadi favorit serta harganya.

Dari penelusuran Warta Kot di beberapa toko online, harga yang ditawarkan tongtoll ini cukup beragam. Mulai dari Rp 14.500 (harga grosir) hingga Rp 55.000 yang tongkatnya bisa dipanjangkan atau dipendekan sampai Rp 85.000 yang berbahan lebih lentur dan dilengkapi per.

Warnanya pun berwarna warni sehingga tidak monoton. Ada biru, merah, dan hijau. Bahannya juga ada yang terbuat dari plastik dan logam. Yang terbuat dari logam biasanya lebih mahal.

Beberapa orang juga mulai tertarik untuk membeli tongtoll ini dengan alasan untuk mempermudah tapping.

"Saya juga mau beli secepatnya karena kan masih Oktober jadi sekarang belum punya engga apa-apa. Maklum tangannya suka tidak sampai kalau tapping," ujar Rini (40) orangtua tunggal yang sering mengendarai mobilnya sendiri ini.

Seperti yang sudah diumumkan Pemerintah, mulai Oktober 2017, pembayaran di gerbang tol diwajibkan secara non tunai dengan menggunakan kartu elektronik. Hal itu dilakukan guna mengurangi penumpukan kendaraan di pintu tol.

Tongtoll ini, sebagaimana halnya tongsis yang berfungsi untuk 'memanjangkan' tangan guna memudahkan jarak ideal untuk foto, tongtoll diperuntukkan untuk memudahkan pembayaran tol dengan kartu yang di-tap ke pembaca kartu di gerbang tol.

Tinggal membuka kaca mobil dan mengeluarkan tongtoll, pengemudi tak perlu susah payah menjangkau mesin tap untuk pembayaraan. Kartu non tunai itu dipasang atau ditempelkan di ujung Tongtoll seperti halnya telepon genggam yang ditempelkan di ujung tongsis. 

Berikut Beberapa Fungsi Tongtoll:
- Menghindari kartu terjatuh saat tapping atau terselip.
- Disaat hujan, tidak membasahi pakaian atau tangan pengendara saat melakukan tapping.
- Mengurangi risiko baret pada mobil yang disebabkan gesekan mobil dan trotoar ketika mendekati mesin tapping.
- Mempercepat waktu transaksi.

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help