WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Sudin Dukcapil Jaksel Sudah Terbitkan 1003 SKDS

Sejak masa arus balik Lebaran Sudin Dukcapil Jaksel sudah menerbitkan ribuan SKDS (Surat Keterangan Domisili Sementara) bagi pendatang baru.

 WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU--Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan, Abdul Haris mengatakan, sejak masa arus balik Idul Fitri hingga kini pihaknya sudah menerbitkan ribuan SKDS (Surat Keterangan Domisili Sementara) bagi pendatang baru.

Dikemukakannya penerbitan SKDS ini merupakan hasil Operasi Binda Kependudukan (Biduk) tahun 2017 putaran pertama sampai dengan putaran ke delapan. Jumlah SKDS yang dikeluarkan mencapai 1003 surat.

"Untuk layanan SKDS di Biduk, (mereka) hanya diminta atau dicatat data KTP, copy KTP-nya. Nanti yang buat surat pengantarnya secara kolektif Pak RT," kata Haris di Kantor Sudin Dukcapil, Jaksel, Rabu (13/9/2017).

Menurut Haris, peran SKDS sangatlah penting bagi para pendatang yang tinggal di Jakarta Selatan.

"Minimal dapat membantu sebagai identitas di Jakarta manakala ada masalah pada yang bersangkutan. Misalnya mau komunikasi surat-surat dari daerah asal, atau ada pemeriksaan dokumen yang dilakukan aparat saat razia," tuturnya.

Dengan adanya SKDS, kata Haris, para pendatang dapat dikenali secara langsung oleh lingkungan sekitar karena pemegang SKDS harus melapor ke RT temoat mereka tinggal.

"Saat lapor itulah yang bersangkutan akan dikenal oleh Ketua RT," paparnya.

Haris mengungkapkan, pembuatan SKDS tidaklah rumit. Warga hanya diminta melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan agar pembuatan SKDS bisa segera dilakukan.

"Pengantar RT, Surat Jalan dari daerah atau KTP Daerah, sama pas foto 2x3 sebanyak dua buah. Untuk SOP-nya sekitar satu hari juga sudah jadi. Masa berlakunya satu tahun," terangnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: YB Willy Pramudya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help