WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Pulau Bidadari Akan Dipercantik dan Bernuansa Betawi

Pulau Bidadari, yang berada di sisi utara kawasan wsiata Ancol, dalam waktu dekat, akan dipercantik dan dipenuhi ornamen-ornamen bergaya Betawi.

Pulau Bidadari Akan Dipercantik dan Bernuansa Betawi
Warta Kota/Feryanto Hadi
Jajaran manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol berfoto bersama dengan jajaran manajemen redaksi Warta Kota seusai melakukan kunjungan ke Kantor Redaksi Warta Kota, Jalan Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (13/9/2017) 

WARTA KOTA, PALMERAH--PT Pembangunan Jaya Ancol akan mempercantik Pulau Bidadari, yang berada di sisi utara kawasan Ancol. Pulau itu, dalam waktu dekat, akan dipenuhi ornamen-ornamen Betawi mulai dari dermaga hingga bangunan-bangunannya.

Direktur Utama PT PJA, C Paul Tehusijarana mengungkankan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pembangunan infrastruktur seperti resor, restoran dan sejumlah bangunan pendukung lain di pulau itu.

"Pulau Bidadari sebelumnya kondisinya memang kurang bagus. Apalagi pada waktu-waktu tertentu, khususnya pada musim penghujan, pantainya dipenuhi sampah kiriman dari 13 sungai yang bermuara di utara Jakarta," kata Paul saat berkunjung ke kantor Warta Kota di Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Kata Paul, merawat Pulau Bidadari saat ini bukanlah perkara mudah. Jarak pulau yang cukup dekat dengan daratan Jakarta, selain membuat perairan dekat pulau itu kerap jadi sarang sampah, juga mulai terjadinya abrasi.

Namun, manajemen Ancol melihat pulau tersebut memiliki potensi yang cukup bagus apabila dikembangkan dan dikelola dengan baik. Hal inilah, katanya, yang menginisiasi manajemen untuk menjadikan pulau tersebut sebagai kampung betawi.

Soal konsep, nantinya pulau itu akan dibangun cottage  dan restoran bergaya betawi.  Di sejumlah titik akan dibangun sejumlah bangunan unik sebagai spot foto wisatawan.

Tak kalah penting, pihak Ancol juga akan menyediakan pusat informasi mengenai perkembangan Jakarta dari masa ke masa, sebagai bentuk edukasi kepada pengunjung.

"Jadi pengunjung ke sini tidak hanya menikmati suasana Betawi, namun juga mendapatkan pengetahuan tentang perjalanan sejarah sejak kawasan Jakarta masih berupa rawa, lalu mulai masuknya bangsa asing  dan sejarah penting lain tentang perkembangan Jakarta," tambahnya.

Menurut Paul, konsep ini diharapkan bisa menjadi populer bukan hanya di kalangan wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara. Aoalagi, ujarnya, di pulau itu terdapat benteng peninggalan bangsa asing yang selama ini menjadi salah satu tujuan utama kedatangan pengunjung ke pulau itu.

"Kami juga sedang rancang paket wisata untuk ke sana. Untuk akomodasinya, kami punya sejumlah kapal cepat dari dermaga Marina. Nanti juga kami akan jalin kerjasama dengan pengusaha kapal lain," imbuhnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help