WartaKota/

Krisis Rohingya

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya Diantar Pakai Empat Hercules

Jokowi memastikan bantuan kemanusiaan kloter kedua akan diberangkatkan lagi pada pekan depan. Kemudian, disusul kloter ketiga dan seterusnya.

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya Diantar Pakai Empat Hercules
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Imigran warga Rohingya menggelar doa bersama dengan Forum Peduli Rohingya, di Masjid Nurul Iman Telkom, Makassar, Sulsel, Senin (4/9/2017). Kurang lebih 236 warga Rohingya yang berada di Makassar berharap secepatnya mendapat solusi. Mereka sudah cukup lama tinggal di Indonesia, terutama di Kota Makassar. 

WARTA KOTA, MAKASAR - Presiden Joko Widodo melepas bantuan untuk korban kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (13/9/2017) pukul 09.00 WIB.

“Alhamdulillah pada hari ini 13 September 2017, kita semua dapat memberangkatkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk para pengungsi dari Rakhine State, yang saat ini berada di perbatasan Bangladesh-Myanmar,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi memastikan bantuan kemanusiaan kloter kedua akan diberangkatkan lagi pada pekan depan. Kemudian, disusul kloter ketiga dan seterusnya.

Baca: FPI Ingin Jihad ke Myanmar, Yenny Wahid: Mau Lewat Mana?

“Perlu saya sampaikan ini adalah pemberangkatan tahap pertama, Insya Allah minggu depan akan diberangkatkan lagi yang kedua, yang ketiga, dan seterusnya,” tuturnya.

Jokowi mengungkapkan, bantuan kemanusiaan diberikan kepada korban dan para pengungsi, setelah dirinya mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk berdialog dengan otoritas Myanmar dan Bangladesh.

“Bantuan ini dapat dilakukan setelah saya menugaskan, mengutus Menteri Luar Negeri untuk berbicara dengan Pemerintah Bangladesh dan Pemerintah Myanmar, dan membahas bantuan kemanusiaan yang diperlukan,” kata Jokowi.

Baca: Selasa Depan Tito Karnavian Temui Pimpinan Polisi Myanmar Bahas Rohingya

Jokowi menjelaskan, pengiriman bantuan kemanusiaan menggunakan pesawat lebih cepat sampai ketimbang menggunakan kontainer.

“Kenapa kita memakai pesawat? Karena dari pengalaman yang lalu, memakai kontainer memakan waktu yang lama, padahal bantuan ini sangat sangat dibutuhkan. Diharapkan untuk secepatnya dipakai oleh para pengungsi di perbatasan Bangladesh dan Myanmar,” papar Jokowi.

Bantuan tahap pertama ini diterbangkan menggunakan empat pesawat Hercules menuju Chittagong, Bangladesh. Keempat pesawat Hercules itu akan transit terlebih dahulu di Aceh.

Baca: Kapolri: Isu Rohingya Digoreng untuk Menyerang Pemerintahan Jokowi

Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada para korban kemanusiaan di Rakhine State di antaranya berupa tangki fleksibel, tenda, perlengkapan keluarga dan kebersihan, sembako, gula, dan beras.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, rute pengiriman bantuan kemanusiaan akan diterbangkan ke Chittagong, kemudian menuju ke Cox's Bazaar yang jaraknya sekira 170 kilometer, baru kemudian sampai ke lokasi pengungsian.

"Ground team kita sudah ada, cleareance untuk flight dan sebagainya sedang diurus, dan teman-teman akan mendapat informasi bahwa bantuan pertama kloter pertama akan segera terbang ke Bangladesh," jelas Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin. (*)

Penulis: Nicolas Manafe
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help