WartaKota/
Home »

Bogor

Stasiun Sukaresmi Beroperasi, Kepadatan Stasiun Bogor Diperkirakan Berkurang 30 Persen

Bila Stasiun Sukaresmi Beroperasi, kepadatan penumpang di Stasiun Bogor diperkirakan akan berkurang sekitar 30 persen.

Stasiun Sukaresmi Beroperasi, Kepadatan Stasiun Bogor Diperkirakan Berkurang 30 Persen
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
PENANDATANGANAN nota kesepahaman pembangunan kawasan terintegrasi berkonsep transit oriented development (TOD) di Stasiun Bogor dan pembangunan Stasiun Sukaresmi, di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017). 

WARTA KOTA, PALMERAH --- KRL Commuter Line menjadi salah satu transportasi publik utama yang digunakan para pelaju Bogor-Jakarta.

Untuk mengurai beban komuter di Stasiun Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merencanakan pembangunan Stasiun Sukaramai di dekat underpass Jalan KH Soleh Iskandar.

Baca: Wacana Stasiun Sukaresmi Bogor Kembali Bergaung

"Kalau untuk mengurai bisa sekitar 30 persen dari total jumlah penumpang, khususnya wilayah Bogor Utara bisa ke situ. Orang ke Sentul bisa juga turun di situ," ujar Ketua Tim Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan (TP4) Yayat Supriatna kepada KompasProperti, Senin (11/9/2017).

Yayat mengatakan, rencana pembangunan Stasiun Sukaresmi sendiri sudah lama digaungkan dengan tujuan mengurai beban Stasiun Bogor.

Beberapa tahun lalu, Yayat mengaku Pemkot Bogor telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), namun tidak ditindaklanjuti dengan pembangunan Stasiun Sukaresmi.

"Padahal Pemkot sudah bebaskan lahannya dan sudah bangun jalan. Cuma waktu itu kerja sama tidak berlanjut dan menggantung," sebut Yayat.

Baca: 5 Oktober, Giliran Rusun Stasiun Bogor Dibangun

Ia melanjutkan, sampai pada akhirnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendatangi Balai Kota Bogor dan menemui Wali Kota Bogor Bima Arya untuk memuluskan proyek transit oriented development (TOD) di Stasiun Bogor.

Kesempatan tersebut digunakan Pemkot sekaligus untuk meminta bantuan perizinan pembangunan Stasiun Sukaresmi.

"Saat Bu Menteri datang kita minta bantuan untuk (pembangunan Stasiun Sukaresmi) itu, sehingga tidak semua (penumpang) menumpuk di Stasiun Bogor. Amdal-nya juga sudah ada," jelas Yayat. (Arimbi Ramadhiani)

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help