WartaKota/

PSSI Segera Terapkan Indonesian Way

Setelah cukup lama didengungkan, PSSI mengumumkan segera menerapkan penataan sepak bola terbaru mereka, yakni Indonesian Way.

PSSI Segera Terapkan Indonesian Way
lensaindonesia.com
Logo PSSI. 

WARTA KOTA, KUNINGAN - Setelah cukup lama didengungkan, PSSI mengumumkan segera menerapkan penataan sepak bola terbaru mereka, yakni Indonesian Way.

Direktur Teknik PSSI Danurwindo menjelaskan, Indonesian Way bukan sekadar strategi dan pola bermain, tetapi juga cara pembinaan berjenjang di semua umur.

Motto Indonesian Way sudah berkumandang sejak pelatih asal Spanyol, Luis Milla, menjabat sebagai juru taktik timnas senior Merah Putih.

Baca: KPK Bakal Miskinkan Dirjen Perhubungan Laut Pakai Undang-undang TPPU

Cara bermain yang diterapkan Milla ini juga dilakukan oleh Fakhri Husaini dan Indra Sjafri, yang notabene memegang Timnas U-16 dan U-19.

Rencananya, filosofi Indonesian Way bakal diumumkan seiring dengan putaran final National Youth Football Championship (NYFC) Pertamina Piala Suratin U-15 dan U-17, Oktober nanti.

“Cakupan Indonesian Way ini cukup luas, mulai dari fase latihan berdasarkan usia. Untuk usia 6 sampai 9 tahun disebut fase pengenalan, dilanjutkan ke fase pengembangan skill di usia 10 sampai 13 tahun, lalu terakhir ada 14 sampai 17 tahun yang merupakan fase permainan. Jadi praktik lapangan harus sesuai usia di fasenya masing-masing,” jelasnya.

Baca: Setya Novanto Tak Habis Pikir Ada Orang Tega Mencari Nafkah dengan Menyebar Ujaran Kebencian

Danurwindo melanjutkan, Indonesian Way juga bakal dimasukkan menjadi materi khusus kepelatihan tingkat C AFC.

"Sekarang masih menunggu persetujuan. Di lapangan, penerapan Indonesian Way sudah mulai dilakukan pada penyelenggaraan kursus kepelatihan D Nasional sejak awal 2017," katanya.

Para pelatih, kata Danurwindo, merupakan unsur terpenting dalam membuat filosofi ini bisa berjalan sebagaimana mestinya di masa depan nanti.

"Intinya, ini bukan soal menyeragamkan taktik, tapi memunculkan ciri khas permainan Indonesia," ujarnya. (*)

Penulis: Banu Adikara
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help