WartaKota/
Home »

Depok

Penyebaran Hoax Uji Coba Tilang Lewat CCTV Landa Warga di Sejumlah Daerah

Keberadaan CCTV di Kota Depok sudah ada sejak lama dan terpasang di beberapa sudut simpangan di Kota Depok.

Penyebaran Hoax Uji Coba Tilang Lewat CCTV Landa Warga di Sejumlah Daerah
TMC
Tilang lewat CCTV itu hoax, penilangan dilakukan terhadap masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Depok dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok memastikan bahwa pemberitaan atau informasi melalui media sosial mengenai adanya uji coba tilang e-CCTV di beberapa ruas jalan di wilayah di Kota Depok, yang viral dalam beberapa hari terakhir ini adalah hoax atau tidak benar.

"Informasi dan berita itu tidak benar atau hoax. Informasi surat penilangan yang akan dikirim ke rumah juga tidak benar. Informasi seperti ini bukan hanya tersebar di Depok, melainkan juga di Bandung, Bogor dan beberapa kota lainnya," kata Kepala Dishub Depok Gandara Budiana, Senin (11/9/2017).

Menurut Gandara, keberadaan CCTV di Kota Depok sudah ada sejak lama dan terpasang di beberapa sudut simpangan di Kota Depok, bukan karena hendak dilakukannya tilang elektronik ini.

Gandara memastikan, narasumber yang menyebarkan informasi hoax tersebut adalah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Karenanya, ia menghimbau warga Depok agar tidak langsung percaya dengan penyebaran berita melalui media sosial atau pesan aplikasi smartphone.

"Warga harus mengkonfirmasi terlebih dahulu info atau pemberitaan yang beredar, sebelum menyebarkannya. Sebab sekarang banyak orang menggunakan media sosial tanpa tahu dampaknya yang bisa merugikan orang lain," kata Gandara.

Selain itu, Kasat Lantas Polresta Depok Komisaris Sutomo Kanit juga memastikan bahwa informasi yang beredar tentang tikang e-CCTV di Depok, adalah tidak benar.

"Dari Satlantas Polresta Depok sendiri belum ada penerapan sistem tilang e-CCTV yang dimaksud. Karena itu, info tersebut adalah hoaks alias bohong. Setelah kita koordinasi dengan Dishub, dipastikan belum ada penerapannya seperti itu," kata Sutomo.

Sebelumnya, beredar informasi bahwa pengendara yang akan melintasi jalan di Kota Depok mulai Senin, hari ini, diminta waspada karena akan ada ujicoba tilang e-CCTV.

Dal informasi itu daftar Jalan yang akan diuji disebutkan adalah Jalan Margonda, Jalan Arief Rahman Hakim, Jalan Nusantara, Jalan Akses UI, Jalan Raya Bogor, Jalan Raya Sawangan, dan Jalan Raya Cimanggis.

Namun, informasi itu dipastikan tidak benar, masyarakat dihimbau tidak lagi menyebarkannya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help