WartaKota/
Home »

Depok

Pradi : SSA di Depok, Mencontoh Kota Lain

Intinya SSA merupakan salah satu solusi mengatasi kemacetan. SSA juga dilakukan di Kota Bandung, Kota Solo, Yogyakarta, dan Kota Bogor.

Pradi : SSA di Depok, Mencontoh Kota Lain
Warta Kota
Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna 

WARTA KOTA, DEPOK - Penerapan ujicoba sistem satu arah (SSA) di Kota Depok yakni di Jalan Dewi Sartika, Jalan Nusantara dan Jalan Arief Rahman Hakim (pukul 15.00-22.00), sejak 29 Juli lalu, yang menuai pro dan kontra di masyarakat, dilakukan Pemkot Depok berdasar hasil pertimbangan dan kajian ilmiah termasuk hasil yang sudah didapat kota lainnya di Indonesia setelah menerapkan sistem ini.

Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Minggu (10/9/2017).

"Intinya SSA merupakan salah satu solusi mengatasi kemacetan. SSA juga dilakukan di Kota Bandung, Kota Solo, Yogyakarta, dan Kota Bogor. Bahkan, Kota Bogor yang sempat dikategorikan sebagai kota termacet se-Asia, dengan SSA tidak lagi menjadi kota termacet dan dirasakan manfaatnya," kata Pradi.

Ia mengatakan hasil evaluasi selama ini membuktikan SSA di Depok, sedikit banyak berhasil mengurangi kemacetan di Depok. Meskipun begitu ia menganggap wajar masih adanya warga yang menolak dan merasa dirugikan dengan SSA.

"Penerapan SSA di Depok akan diterapkan lebih maksimal lagi dengan evaluaso dan kajian ilmiah terus menerus. Sehingga akan diterapkan sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Pradi.

Untuk menghadapi dan menjelaskan kepada warga yang kontra akan kebijakan ini, Pradi berjanji akan menyampakan data dan fakta penerapan SSA secara akurat dan akuntabel. "Intinya data dan fakta atau hasil yang ada itu bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Untuk sementara ini, faktanya SSA sedikit banyak sudah mampu mengurangi kemacetan di Depok," kata dia.

Sebelumnya sebagai respon atas unjuk rasa ratusan warga yang menolak kebijakan sistem satu arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika, Jalan Nusantara dan Jalan Arief Rahman Hakim, Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad sempat mengajak wartawan ke ruang kendali CCTV lalu lintas, milik Dishub Depok atau Area Traffic Control System (ACTS) Dishub, guna memantau kondisi jalur SSA, beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, Idris bersama Kadishub Depok Gandara Budiana, ingin membuktikan bahwa hasil kajian dan evaluasi yang menyatakan SSA cukup efektif mengurai kemacetan adalah benar adanya dan bukan rekayasa atau karangan belaka.

"Jadi bisa disaksikan dan dilihat sendiri dari pantauan di pusat kendali ini, bahwa penerapan SSA cukup baik mengurai kemacetan. Sehingga untuk menentukan dilanjutkannya atau dipermanenkannya SSA atau bahkan dihentikan, akan tergantung kajian dan evaluasi terus menerus. Selain itu Wali Kota harus selalu berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya mulai dari Dishub, Polres dan bahkan akademisi," kata Idris.

Karenanya tambah Idris, sampai saat ini SSA berjalan baik dan cukup relevan menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di Depok.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help