WartaKota/

Mobil Mogok Tetap Bisa Gunakan Bahu Jalan Tol Japek

Bukan berarti bahu jalan tidak bisa digunakan untuk keadaan darurat seperti kendaraan mogok atau bermasalah.

Mobil Mogok Tetap Bisa Gunakan Bahu Jalan Tol Japek
Kompas.com
Kemacetan parah di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI -- Meski bahu jalan di ruas tol Jakarta-Cikampek 'beralih' fungsi menjadi Jalur Khusus Angkutan Umum (JKAU) bagi armada Transjabodetabek kelas premium, Kamis (7/9/2017).

Bukan berarti bahu jalan tidak bisa digunakan untuk keadaan darurat seperti kendaraan mogok atau bermasalah.

Kepala Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Handoyono menagtakan, kendaraan yang mogok tetap bisa menggunakan bahu jalan untuk berhenti.

Sementara bus Jabodetabek premium bisa berpindah lajur ke sebelahnya untuk mendahului kendaraan yang mogok.

Keberadan bus Transjabodetabek diyakini tidak mengganggu kendaraan yang bermasalah di bahu jalan. Soalnya armada ini hanya dioperasikan pada jam sibuk, yaitu pagi dan sore hari.

"Teknis ruang JKAU tidak dibatasi dengan pembatas jalan beton atau barrier. Namun hanya diberi pembatas berupa marka jalan biasa," kata Handoyono pada Rabu (6/9/2017).

Handoyono mengatakan, bahu jalan juga sudah diberi pengerasan jalan. Tujuannya, agar kendaraan massal itu bisa melintas dengan nyaman dan konstruksi jalan juga kuat. Selain menggunakan jalur khusus, armada ini juga dikawal langsung oleh Unit Patroli Jalan Raya (PJR) Mabes Polri.

Dia menjelaskan, rute JKAU dari Kota Bekasi bus akan berhenti untuk menurunkan pengguna di halte Komdak, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno (GBK), Bundaran Senayan, Plaza Senayan dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebaliknya, kata dia, dari Senayan bus akan masuk pintu Tol Semanggi kemudian keluar di Bakasi Barat (Megamall). "Uji coba ini bisa memangkas waktu perjalanan sekitar 30 menit. Awalnya perjalanan bisa 1 jam 45 menit, menjadi 1 jam 15 menit," jelasnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help