WartaKota/

Kini Para Peraih Emas SEA Games Berada di Ambang Menjadi PNS

Para atlet peraih medali emas di SEA Games 2017 Malaysia kini berada di ambang peluang besar menjadi pegawai negeri sipil.

Kini Para Peraih Emas SEA Games Berada di Ambang Menjadi PNS
Tribunnews.com
Juwita Niza Wasni, atlet peraih emas untuk cabang Wushu di SEA Games 2017 Malaysia 

WARTA KOTA, MATRAMAN -- Atlet peraih medali emas pada SEA Games 2017 Malaysia diambang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) setelah Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN&RB), Asnan Abrur, melakukan rapat di Kantor Kemen-PAN&RB Selasa.

Menpora Imam Nahrawi dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, rapat antara kedua menteri tersebut membahas realisasi pengangkatan atlet peraih medali emas pada kejuaraan dua tahunan PNS yang saat ini lebih dikenal dengan nama Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Ini sebagai bentuk kesungguhan Pemerintah terhadap masa depan atlet. Tentunya atlet tersebut harus memenuhi kualifikasi dan peraturan yang sudah baku di Kemen-PAN&RB, baik dari sisi pendidikan, umur, dan sebagainya," katanya.

Christopher Rungkat, atlet tenis peraih emas di SEA Games 2017 Malaysia
Christopher Rungkat, atlet tenis peraih emas di SEA Games 2017 Malaysia (Super Ball/Feri Setiawan)

Menurut dia, kemudahan untuk menjadi ASN bagi peraih emas SEA Games 2017 ini merupakan salah satu bonus yang diberikan Pemerintah selain bonus uang sebagaimana selama ini diberikan kepada atlet berprestasi.

"Tentunya ini merupakan terobosan baru yang disiapkan pemerintah kepada para atlet. Berapa banyaknya atlet yang akan di promosikan menjadi PNS tentu akan diverifikasi lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Imam menambahkan.

Sementara itu, Menteri PAN&RB, Asnan Abnur mengakui bahwa pihaknya bersama Kemenpora tengah merancang terobosan bagi para atlet yang berprestasi, khususnya di SEA Games 2017. Langkah ini dinilai sebagai salah satu terobosan yang sangat positif.

"Ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada para atlet yang sudah berprestasi, terutama di level internasional. Dengan demikian, kalau mereka sudah tidak jadi atlet maka mereka bisa bekerja sesuai dengan keahliannya," katanya.

Pada SEA Games 2017 di Malaysia, Indonesia hanya mampu mengumpulkan 38 medali emas dari 55 yang ditargetkan. Dengan demikian, merekalah yang akan diprioritaskan untuk diangkat menjadi ASN sesuai dengan aturan yang berlaku.

Peraih emas yang berpeluang diangkat menjadi ASN di antaranya Elga Kharisma Novanda cabang sepeda, sub-BMX; Juwita Niza Wasni cabang wushu, Christopher Rungkat cabang tenis hingga Deni maupun Ketut Arina cabang angkat besi.

Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help