Jalur Kalimalang Menuju DI Panjaitan akan Dialihkan karena Kerap Macet Di Jam Sibuk

Rencananya, lalu lintas yg datang dari arah kali malang semua dibelokan ke kiri. Dan yg akan menuju arah Tanjung Priok dapat berputar

Jalur Kalimalang Menuju DI Panjaitan akan Dialihkan karena Kerap Macet Di Jam Sibuk
Rangga Baskoro
Ilustrasi suasana kemacetan di kawasan Kalimalang. 

WARTA KOTA, MAKASAR -- Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur akan melakukan uji coba pengalihan arus lalu lintas dengan menutup simpang Kalimalang yang mengarah ke Tanjung Priok di Jalan DI Panjaitan.

Pengalihan akan diberlakukan pada Kamis (7/9/2017).

Kasi Lalu Lintas Sudinhub Jakarta Timur, Andreas Eman mengatakan penutupan dilakukan lantaran kawasan tersebut kerap mengalami penumpukan kendaraan, sehingga terjadi kemacetan terutama di jam-jam sibuk.

"Itu kan selalu macet akibat terjadi crossing (penyebrangan) dari Kalimalang ke arah Tanjung Priok yang seharusnya (habi nyebrang) belok kanan, terkena Crossing dengan kendaraan dari Jalan Sutoyo mau ke Kalimalang, walau sudah diatur tapi tidak terakomodir, sehingga kami menyampaikan ke Dinas untuk dilakukan pengalihan arus lalu lintas," kata Andreas Eman, Rabu (6/9/2017).

Menurutnya Sudin Perhubungan mendukung penuh dengan adanya pengalihan arus lalu lintas ini guna kenyamanan bagi penguna kendaraan bermotor.

"Dinas sendiri sebenarnya sudah merencanakan hal ini, nanti diputar di gedung Wika, sehingga mengalir terus," katanya.

Menurut Eman, Imbas dari crossing yang terjadi membuat kendaraan yang dari arah Kalimalang kerap mengular panjang hingga Pangkalan Jati, ditambah lagi lokasi tersebut tengah dibangun Becakayu.

Tak hanya itu pengalihan arus lalu lintas ini memang akan memberikan jarak tempuh lebih panjang dari sebelumnya, jika sebelumnya dari arah Kalimalang dapat lurus jika ingin ke arah Tanjung Priok, kini harus memutar arah.

"Untuk rencananya, lalu lintas yg datang dari arah kali malang semua dibelokan ke kiri. Dan yg akan menuju arah Tanjung Priok dapat berputar di u turn dekat kantor Wika," katanya.

Uji coba ini nantinya akan dilaksanakan selama dua minggu, jika hasilnya efektif, maka direncanakan akan dipermanenkan.

Ini rute pengalihan arus pengalihan arus lalu lintas Simpang Kalimalang.

1. Arus lalu lintas dari arah Kalimalang (timur) yang akan menuju Tanjung Priok dialihkan belok kiri langsung dengan pengaturan lampu flashing (kedip kuning) melalui Jl. DJ. Panjaitan kemudian berputar di u-turn depan Gedung Wika;

2. Arus lalu lintas dari arah Tanjung Priok (utara) menuju ke Cawang Uki (selatan) tidak ada perubahandan diatur traffic light (APlLL);

3. Arus lalu lintas dari arah Cawang Uki (selatan) menuju Tanjung Priok (utara) dan menuju Kalimalang (timur) tetap normal seperti kondisi eksisting diatur traffic light (APlLL). (Rangga Baskoro)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help