WartaKota/

Bandung Gelar Pertunjukan Seni Sebulan Penuh Mulai 25 September 2017

Pemkot Bandung bersama para seniman dan budayawan menyelenggarakan pertunjukan kesenian "Seni Bandung I", yang berlangsung selama sebulan penuh.

Bandung Gelar Pertunjukan Seni Sebulan Penuh Mulai 25 September 2017
TRIBUN JABAR/ISAL MAWARDI
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berpakaian ala Bung Karno, di puncak peringatan Hari Veteran Nasional di Balai Kota, Minggu (20/8/2017). 

WARTA KOTA, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung bersama para seniman dan budayawan menyelenggarakan pertunjukan kesenian "Seni Bandung I", yang berlangsung selama sebulan penuh mulai 25 September sampai 25 Oktober.

Pertunjukan beragam seni tradisional dan modern itu melibatkan melibatkan 2.475 pelaku seni dari 156 komunitas yang ada di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Rabu mengatakan keberhasilan pembangunan kota tidak hanya diukur dari infrastruktur atau mesin ekonomi saja, namun dari semua aspek, termasuk mental dan budaya warganya.

"Suatu hari kita bisa berbangga, Kota Bandung menjadi kota seimbang dalam semua aspek, keagamaan, fisik, mental, dan budayanya," ujar Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung.

Baca: Valerie Thomas Hibur Diri Melalui Komedi

Ia menjelaskan Seni Bandung I merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi ke-207 Kota Bandung dan akan ditetapkan sebagai satu-satunya agenda tahunan di Indonesia yang menampilkan beragam penampilan kesenian dan budaya selama sebulan penuh.

"Bandung sudah lama dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan seni di Indonesia. Ada banyak seniman tinggal dan berkarya di Bandung. Dengan begitu, sudah selayaknya kota ini punya kegiatan rutin yang bisa dibanggakan," kata dia.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Bandung mengucurkan anggaran hingga Rp5 miliar untuk pelaksanaan kegiatan seni sebulan penuh itu.

"Anggaran dari Pemkot Rp 5 miliar, jauh dari cukup. Tapi kami terus berupaya mencari sponsor," kata dia.

Penggagas Seni Bandung I, Iman Soleh, menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian dari upaya transformasi kota menjadi panggung global.

Seni Bandung I akan mencakup penampilan karya seni rupa, tari, teater, musik, dan sastra.

Ratusan seniman dan kelompok kesenian akan tampil selama sebulan penuh di 44 arena pertunjukan, termasuk di antaranya fasilitas publik, sekolah, tempat komunitas, dan hunian.

"Karya seni sesungguhnya baru akan utuh saat bertemu dengan publiknya. Penyelenggara seni Bandung berupaya menciptakan momen unik bagi karya untuk bertemu dengan publiknya. Bagi warga inilah kesempatan untuk mengapresiasi ragam kesenian," kata Iman.

Dalam sebulan, kata Iman, akan ada 688 aktivitas kesenian yang mengisi ruang-ruang pertunjukan dan masyarakat bisa memilih pertunjukan yang mereka sukai.

"Jadi dalam satu hari ada lima peristiwa kesenian di Kota Bandung," katanya. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help