Proyek NCICD Terintegrasi dengan 15 Sungai di DKI Jakarta

"Tanggul laut ini, dibangun bertujuannya untuk mengamankan pesisir pantai Jakarta. Ini nanti akan terintegrasi dengan 15 sungai..."

Proyek NCICD Terintegrasi dengan 15 Sungai di DKI Jakarta
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Pengerjaan tanggul yang di sisi Utara Waduk Pluit, kini telah mencapai 59 persen sepanjang 1,4 kilometer dari target 2,3 kilometer. 

Laporran Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, CILINCING -- Pihak dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), mengatakan, proyek tanggul laut raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), di Kawasan Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, terintegrasi dengan 15 sungai yang ada di DKI Jakarta.

"Tanggul laut ini, dibangun bertujuannya untuk mengamankan pesisir pantai Jakarta. Ini nanti akan terintegrasi dengan 15 sungai karena kan di kondisi Utara ini dilintasi 15 sungai. Jadi, itu sungai-sungai nanti akan kita integrasi. Tetapi, apabila dilakukan pembangunan NCICD kali ini dengan tanda kutip yang pernah kita dengar di daerah utara, nanti semua akan terkoneksi ke sana," terang Kepala BBWSCC, Teuku Iskandar, Selasa (5/9/2017).

Dikatakan Iskandar, jika proyek maha dahsyat ini senilai Rp 6-9 Triliun yang saat ini dilakukan oleh Pemerintah Pusat dari pihak Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kemen PUPR RI, dan juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Iya ini juga pemerintah pusat, yang dikatakan pemerintah itu ada dua yaitu pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta. Sekarang di tanggul laut di Kalibaru ini ditangani pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Menyangkut soal anggaran, untuk kondisi yang ada sekarang ini kiami mengambil masterplan pihak Bappenas (Badan Perencaan Pembangunan Nasional) ya dan yang terakhir bahwa lintasan kritis tanggul Jakarta itu sekitar 20,1 kilometer. Kira-kira kita butuh sekitar Rp 6 hingga 9 triliun," paparnya.

Ia melanjutkan, "Proyek ini dibantu oleh pihak perusahaan swasta juga. Sekarang ini, belum diketahui kondisi desain yang dibutuhkan bagi tanggul laut di sini. Tetapi, secara totoal ya Rp 6-9 triliun total untuk 20,1 kilometernya. Kira-kira 30 persen dari proyek tersebut merupakan tanggungjawabnya jajaran pemerintah sisanya swasta sekitaran 75 persen," lanjutnya. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help