WartaKota/

Tips Kesehatan

Konsumsi Camilan Sehat Hindari Gigi Berlubang dan Rusak

Sayangnya, berbagai jenis camilan favorit banyak orang, terutama anak-anak biasanya yang memiliki rasa manis.

Konsumsi Camilan Sehat Hindari Gigi Berlubang dan Rusak
shutterstock
Ilustrasi sakit karena gigi berlubang. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Makanan manis dan lengket merupakan musuh utama bagi kesehatan gigi.

Sayangnya, berbagai jenis camilan favorit banyak orang, terutama anak-anak biasanya yang memiliki rasa manis.

Menurut penjelasan drg Ratu Mirah Afifah, GCClindent MDSc, division Head for Health & Wellbeing and Professional Institution Yayasan Unilever Indonesia, makanan yang mengandung karbohidrat dan gula dapat menurunkan derajat keasaman mulut.

"Setelah konsumsi makanan yang manis derajat keasaman mulut turun hingga di bawah pH kritis 5,5 dalam hitungan menit dan tetap rendah hingga 1 jam setelahnya. Bila terjadi terus menerus kondisi ini menyebabkan hilangnya mineral pada gigi dan mengakibatkan terjadinya gigi berlubang" kata Ratu Mirah dalam acara peluncuran Kampanye Keluarga Indonesia Merdeka dari Gigi Berlubang di Jakarta (5/09/17).

Camilan pada dasarnya termasuk dalam pola makan bergizi seimbang dan dikonsumsi 2-3 kali sehari di antara waktu makan utama.

Mengonsumsi camilan yang sehat akan membuat pola makan tetap terjaga dan gula darah stabil.

"Agar aman bagi kesehatan gigi, jika ingin memberikan camilan yang manis untuk anak anak, sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan waktu makan utama," kata ahli gizi keluarga Leona Victoria Djajadi MND.

Ia menambahkan, camilan yang dianjurkan adalah yang tinggi serat, mengandung kalsium, protein, dan rendah gula.

“Susu dan hasil produknya seperti keju banyak mengandung kalsium dan fosfat yang mampu mengembalikan mineral gigi yang hilang. Protein kasein yang ada dalam susu membentuk suatu lapisan tipis pada email gigi yang menghambat pertumbuhan bakteri,” papar Leona.

Sementara itu, makanan yang berserat akan lebih lama dikunyah. Gerakan mengunyah sangat menguntungkan bagi kesehatan gigi karena merangsang aliran kelenjar ludah yang merupakan pembersih alami rongga mulut dan menetralisasi keasaman di rongga mulut.

"Lengkapi kebiasaan baik ini dengan rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi berflouride secara rutin pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur," imbuh Ratu Mirah. (Laura Arya Wienanta)

Sebelumnya telah diunggah Kompas.com dengan tautan: Cegah Gigi Berlubang, Ganti Camilan Manis dengan yang Berserat

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help