Pelayanan Perizinan di Tangsel Bisa Lewat WhatsApp

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tangerang Selatan baru saja meluncurkan terobosan dalam segi pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan Perizinan di Tangsel Bisa Lewat WhatsApp
Alija Berlian Fani
Poster Sistem Informasi Layanan Perizinan (Silper) ini bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi komunikasi WhatsApp (WA) di nomor 0877.2323.2424. 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, SERPONG -- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Selstan (Tangsel) baru saja meluncurkan terobosan terbaru dalam segi pelayanan kepada masyarakat.

Layanan yang disebut Sistem Informasi Layanan Perizinan (SILPER) ini bisa di akses dengan mudah melalui aplikasi komunikasi WhatsApp (WA) di nomor 0877.2323.2424.

"Silper diresmikan sejak 31 Agustus (2017), bu Wali Kota sangat mengapresiasi inovasi ini," kata Panji Irawan Kasi Dokumentasi, Data dan Informasi pada wartakotalive.com di kantornya, Senin (4/9/2017).

Ketika pertama mengakses nomor tersebut, penguna diharuskan mengetik kata "info" dan mengirimkannya. Kemudian akan mendapat balasan berupa petunjuk selanjutnya.

Ada tujuh fitur yang dapat digunakan, antara lain sekilas mengenai DPMPTSP, syarat izin, alur perizinan, cek status izin, cek keaslian SK, jenis perizinan, dan sop pengaduan.

Ketika wartakotalive.com mencoba langsung, terdapat tujuh hastag (#) yang berguna sebagai kata kunci pertanyaan kepada sistem yang menjawab WA tersebut.

Ketujuh hastag tersebut adalah #SEKILASINFO, #SYARATIZIN, #ALURPERIZINAN, #CEKSTATUSIZIN, #CEKKEASLIANSK, #JENISPERIZINAN, dan #SOPPENGADUAN.

Saat mengirim #SEKILASINFO, penguna akan mendapatkan jawaban berupa penjelasan tentang DPMPTSP, mulai dari sejarah terbentuknya, pemimpinnya sekarang, sampai berbagai program inovasi yang telah dilakukan selama ini.

Begitu pula dengan hastag lainnya akan mendapatkan jawaban yang berbeda dan juga arahan yang berbeda sesuai dengan keinginan dari penguna.

"Namun Silper saat ini hanya bisa melayani perizinan secara online, jadi untuk perizinan secara offline belum bisa mengunakan silper," ungkapnya.

Di Tahun 2017, DPMPTSP Kota Tangsel menyelenggarakan 17 Jenis Perizinan Online, 115 Jenis Perizinan Offline dan 33 non perizinan, namun secara bertahap seluruh jenis perizinan akan dionlinekan.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help