WartaKota/

Tips Kesehatan

Tubuh Tampak Bugar Bukan Jaminan Bisa Terhindar dari Serangan Jantung

Jumlah pasien yang sebelumnya sehat, namun mengalami serangan jantung naik dari 11 persen ke 27 persen selama delapan tahun.

Tubuh Tampak Bugar Bukan Jaminan Bisa Terhindar dari Serangan Jantung
Warta Kota
Orang yang tampak bugar dan sehat bisa saja terkena serangan jantung. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Professor Gemma Figtree dari Penelitian Jantung Australia (Heart Research Australia) dan timnya melakukan pengkajian terhadap 700 pasien yang mengalami serangan jantung di Rumah Sakit Royal North Shore di Sydney dari tahun 2006 sampai 2014.

Mereka menemukan bahwa jumlah pasien yang sebelumnya sehat, namun mengalami serangan jantung naik dari 11 persen ke 27 persen selama delapan tahun.

"Sebagai ahli penyakit jantung, kami ingat dengan pasien muda dan fit yang datang ke rumah sakit, dan seperti bertanya 'mengapa saya yang terkena?'," kata Professor Figtree.

"Ini membuat kami kemudian tertarik untuk melihat apa yang terjadi dengan pasien yang secara tradisional tidak memiliki faktor pemicu," ujarnya lagi.

Mereka menyimpulkan bahwa serangan jantung sekarang ini terjadi pada kelompok umur mana saja, dan juga sama bahayanya dan mematikannya dengan yang mengenai mereka yang memiliki faktor pemicu.

Apa yang menyebabkan serangan jantung pada mereka yang sehat?

Penyumbatan di pembuluh darah Greg Mullins (kiri) ketika terjadi serangan dan sesudah dioperasi (kanan) Penyumbatan di pembuluh darah Greg Mullins (kiri) ketika terjadi serangan dan sesudah dioperasi (kanan)

Para peneliti mengatakan mereka belum mengetahui secara persis mengapa pasien tanpa faktor pemicu kemudian memiliki plak (sumbatan) di dalam pembuluh darah mereka, hal yang dikenal dengan nama atherosclerosis.

"Kami sebenarnya sedang melakukan penelitian besar saat ini, atas dukungan dari Heart Research Australia, di mana pasien bersedia menyumbangkan darah mereka, dan kami mencoba memahami, apa yang terjadi pada pasien yang tidak memiliki faktor pemicu tersebut, apa yang menyebabkan sumbatan di pembuluh darah mereka dan menyebabkan serangan jantung." kata Prof Figtree.

Dia mengatakan, ada kesalahpahaman bahwa penyakit jantung hanya menyerang pria yang sudah lanjut usia, yang merokok, atau memiliki gaya hidup yang tidak sehat.

Halaman
1234
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help