Krisis Semenanjung Korea

Reaksi AS, Luncurkan Jet Pengebom dan Siluman ke Korea

Setelah Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal balistik melintasi Hokkaido, Jepang, giliran Amerika Serikat (AS) mengirim jet-jet pengebom dan siluman.

Reaksi AS, Luncurkan Jet Pengebom dan Siluman ke Korea
Reuters via Daily Mirror
DUA pesawat pengebom AS, B-1B Lancer, dengan pesawat pengawal, terbang meninggalkan Pangkalan Udara Andersen di Guam, Pasifik, Kamis (31/8/2017). 

WARTA KOTA, SEOUL --- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah mengirim jet-jet pengebom dan siluman dari pangkalan militer di Guam, Pasifik, ke Semenanjung Korea, Kamis (31/8/2017).

Langkah itu jelas merupakan sebuah unjuk kekuatan skala besar melawan rezim Korut, Kim Jong Un, yang juga dua hari lalu menembakkan rudal balistik jarak menengah melewati udara Jepang.

Baca: Sekjen PBB Kecam Peluncuran Rudal Korut yang Lintasi Jepang

Trump mengirim jet- jet tempur super canggih ke Korea Selatan (Korsel) untuk ikut serta dalam latihan  menjatuhkan bom di Semenanjung Korea. Demikian dikatakan otoritas Korsel di Seoul, Kamis (31/8/2017), seperti dilaporkan media Inggris, Daily Mirror, dan kantor berita Perancis, AFP.

Latihan tersebut, yang melibatkan dua pesawat pengebom supersonik B-1B, empat jet siluman F-35, dan jet-jet tempur Korsel, dimaksudkan untuk mengintimidasi Korut.

PENGEBOM B-1B Lancer milik AU Amerika Serikat.
PENGEBOM B-1B Lancer milik AU Amerika Serikat. (US Air Force/Telegraph)

Dua hari sebelumnya, Selasa (29/8/2017), Pyongyang meluncurkan misil balistik jarak menengah Hwasong-12 melewati pulau Hokkaido, Jepang, dan itu memicu ketegangan baru.

Latihan menembak dengan peluru tajam dilakukan pada akhir latihan gabungan tahunan militer AS dan Korsel, Kamis, yang utamanya berfokus pada simulasi-simulasi komputer.

Pyongyang sangat keberatan dengan latihan gabungan AS dan Korsel itu, yang dilihatnya sebagai persiapan untuk melakukan invasi ke Korut, yang belakangan direspons dengan uji coba rudal.

Baca: AS Akan Balas Peluncuran Rudal Korut?

Trump sendiri tampil dengan ancaman-acamannya sendiri. Ia memperingatkan Korut bakal menghadapi “tembakan dan kemarahan” (fire and fury) jika mengancam AS dan mengatakan militer AS siaga jika terjadi provokasi dari utara.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help