Ibu-ibu Pengajian Tertipu Aksi Wanita dengan Modus Menyantuni Anak Yatim

Modusnya mengajak ibu-ibu pengajian itu untuk ikut serta sebagai relawan penyantunan anak yatim.

Ibu-ibu Pengajian Tertipu Aksi Wanita dengan Modus Menyantuni Anak Yatim
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Pelaku penipuan ini mengakui, dia melakukan penipuan terhadap sejumlah ibu-ibu pengajian di kawasan Pademangan. 

WARTA KOTA, PADEMANGAN -- Reni Ilastama (34), selaku ibu rumah tangga (IRT), itu mengakui, dia melakukan penipuan terhadap sejumlah ibu-ibu pengajian di kawasan Pademangan, Jakarta Utara sudah berkali-kali.

Di Polsek Pademangan, Reni juga mengakui, dapat meraup keuntungan belasan juta rupiah dengan melakukan penipuan yang dengan modus mengajak ibu-ibu pengajian itu untuk ikut serta sebagai relawan penyantunan anak yatim.

"Saya cuma ajak ibu-ibu pengajian. Awalnya, itu saya cari dulu siapa ketua pengajiannya, yang kemudian mengajak ibu-ibu tersebut agar ikut sebuah kegiatan sosial, seperti santunan anak yatim, halal bihalal dan lain-lain. Ya apa saja si pak," ucap Reni di Polsek Pademangan, pada Rabu (30/8/2017) sore.

Ketika mereka diajak, dia juga iming mereka kalau ikut dapat hadiah, dan sejumlah uang transpor senilai Rp 150.000.

"Ya kadang, ada ibu-ibu mau ikut dan tidak. Kebanyakan ya mau ikut saya. Belasan kali seperti ini, belasan juta rupiah saya bisa dapatkan. Ya saya butuh, butuh uang pak buat sekolah anak saya," katanya.

Dikatakan wanita yang tinggal di wilayah Gang III Sunter Kampung Irian, Kemayoran, Jakarta Pusat itu mengaku, dia menyesali akan perbuatannya.

Dikatakan Reni, sejumlah emas hingga ponsel milik ibu-ibu pengajian tersebut, terkadang dia jual untuk kebutuhan sehari-harinya.

"Enggak mau terekspose muka saya pak. Saya malu. Memang saya salah," singkatnya.

Sementara Kapolres Metro Jakarta Utara yaitu Kombes Pol Dwiyono mengatakan, aksi Reni di kasus ini terbilang meresahkan para kalangan ibu-ibu Kawasan Pademangan, dan sekitarnya.

Modus yang dilakukan Reni itu, dikatakan oleh Dwiyono, yang dengan cara mengiming-imingi para ibu-ibu pengajian di kawasan Pademagan dengan hadiah, seragam pengajian, serta uang transpor Rp 150.000.

Halaman
12
Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved