Kursi Roda Kuat, Ida Ayu Raih Juara Maybank Bali Marathon 2017

Setelah berjuang keras, penyandang disabilitas Ida Ayu Ketut Kenari akhirnya meraih gelar juara kategori 10K Maybank Bali Marathon 2017.

Kursi Roda Kuat, Ida Ayu Raih Juara Maybank Bali Marathon 2017
Warta Kota/Dodi Hasanudin
IDA Ayu Ketut Kenari akan mempersembahkan hadiah uang yang diraihnya untuk orang tua tercinta. 

WARTA KOTA, GIANYAR-BALI --- Setelah berjuang keras, penyandang disabilitas Ida Ayu Ketut Kenari akhirnya meraih gelar juara kategori 10K Bali Marathon 2017'>Maybank Bali Marathon 2017.

"Saya sudah empat kali ikut lomba ini, tapi baru sekarang jadi juara. Saya senang sekali," kata Ida, di Bali Safari and Marine Park, Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2017).

Baca: Henry dan Rumokol Juara Maybank Bali Marathon 2017

Menurut Ida Ayu, untuk menjuarai lomba tersebut ia berlatih keras seminggu dua kali. Setiap berlatih ia mengayuh kursi roda sejauh dua kilometer di lapangan dekat rumahnya di Karangasem, Bali.

"Saya ini atlet angkat besi 70 kg Provinsi Bali. Kenapa tidak juara, karena saat lomba, baut roda di kursi roda saya copot. Kali ini, kursi roda yang dikasih Allianz kuat. Jadi, saya bisa kayuh sekuat tenaga," ujar Ida Ayu.

Baca: Berita Foto: Beginilah Ekspresi Pelari Maybank Bali Marathon 2017

Anak keempat dari enam bersaudara itu bersyukur telah menjadi juara. Hadiah Rp 5 juta dipersembahkan kepada orang tuanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

"Buat bantu-bantu ibu dan bapak uangnya. Sehari-hari saya menjahit di Yayasan Cahaya Mutiara Ubud. Kalo ada orderan penghasilan saya dapat Rp 500.000 per bulan," ujar peraih medali perunggu PON Riau 2012 tersebut.

Baca: Test Doping Syarat Utama Pelari Raih Juara di Maybank Bali Marathon 2017

Ida Ayu menceritakan awal ia menggunakan kursi roda. Ketika ia berumur dua tahun, badannya panas tinggi. Kemudian dibawa ke dokter. Untuk menurunkan panas tubuhnya, Ida Ayu disuntik. Namun, seminggu kemudian kakinya sulit digerakkan. Setelah itu kakinya mengecil.

Betulkan Kursi Roda

I Wayan Astaya mempertahankan gelar juaranya di kategori disabilitas putra Maybank Marathon Bali 2017
I Wayan Astaya mempertahankan gelar juaranya di kategori disabilitas putra Maybank Marathon Bali 2017 (Warta Kota/Dodi Hasanudin)

Sementara itu, di kategori putra, I Wayan Astaya sangat bersyukur dapat mempertahankan gelar juara kategori pria penyandang disabilitas 10K. Hadiah Rp 5 juta akan digunakannya untuk membetulkan kursi rodanya.

"Untuk pertahankan juara, saya latihan tiga kali seminggu. Kendala saya saat berlomba itu kaki sering kaku. Solusinya, kaki saya ikat dan mengasuh sekuat mungkin," ujar warga Tampak Siring, Gianyar, Bali, tersebut.

I Wayan menambahkan bahwa ia mengalami lumpuh, karena jatuh dari tembok rumah. Akibatnya, tulang belakangnya patah. Peristiwa itu terjadi saat ia berusia 23 tahun.

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help