WartaKota/

Festival Budaya Kulon Progo Digelar Akhir November

Kabupaten Kulon Progo di DI Yogyakarta akan menggelar festival kebudayaan besar yang disajikan dengan modern selama tiga hari, 24-26 November 2017.

Festival Budaya Kulon Progo Digelar Akhir November
Kompas.com/Ika Fitriana
Trie Utami, Dewa Bujana, Didik Nini Thowok, dan musisi Jaringan Kampung Nusantara memainkan alat musik Dawai Karmawibangga pada pembukaan Borobudur Culture Feast, di Borobudur, Sabtu (17/12/2016). 

WARTA KOTA, PALMERAH-Pada 24-26 November 2017 nanti, Kabupaten Kulon Progo di DI Yogyakarta akan menggelar festival kebudayaan besar yang disajikan dengan modern selama tiga hari.

Acara yang digadang-gadang menjadi acara kebudayaan kelas internasional tersebut bernama KULFEST-Festival Kampoeng Nusantara.

"Nanti akan ada banyak aktivitas selama tiga hari itu. Bisa ikut kursus kebudayaan, lihat pertunjukan, wisata di sekitar, jadi saling berganti full selama tiga hari itu," ujar seniman Didik Nini Thowok saat peluncuran acara tersebut di Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Didik Nini Thowok, sang maestro tari Indonesia, menjadi penggagas acara ini. Ia mengaku berawal dari kecintaan yang luar biasa terhadap budaya asli Indonesia.

Akhirnya ia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan teman-teman seniman di Indonesia dan mancanegara.

Mereka sepakat untuk menyelenggarakan festival yang memadukan berbagai macam pertunjukan kebudayaan.

"Tujuannya memperkenalkan kembali jati diri bangsa yang memiliki nilai budaya adi luhung, lewat pertunjukan kolaborasi budaya lintas zaman di Indonesia," ujarnya yang sudah menekuni seni tari selama 41 tahun.

Donny Moeladi selaku ketua penyelenggara menjelaskan acara tersebut diselenggarakan di destinasi wisata Bendung Khayangan dengan luas area tiga hektar.

Sepertiga area akan digunakan sebagai area tenda, juga beberapa panggung. Sedangkan sisanya menjadi atraksi wisatawan, seperti pesawahan. 

Di KULFEST akan ada beberapa panggung antara lain panggung khusus tari, panggung di sisi sungai, dan panggung utama tempat berbagai artis lokal maupun internasional tampil.

Halaman
12
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help