Astra Gelar Festival Permainan Tradisional di RPTRA Ciganjur Berseri

PT Astra International Tbk mengadakan Festival Permainan Tradisional Berseri di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur Berseri.

Astra Gelar Festival Permainan Tradisional di RPTRA Ciganjur Berseri
Warta Kota/Feryanto Hadi
SALAH satu permainan tradisional anak yang digelar Astra di RPTRA Ciganjur Berseri, Minggu (27/8/2017) 

WARTA KOTA, JAGAKARSA --- Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, Astra International Tbk'>PT Astra International Tbk mengadakan Festival Permainan Tradisional Berseri di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur Berseri yang menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur yang puncaknya jatuh pada hari Minggu (27/8).

Dengan mengusung tema 'Permainan untuk Anak Negeri', diharapkan dapat mendorong dan memperkuat kebersamaan dan menanamkan sikap gotong royong sejak dini pada anak.

“Saya ingat betul main tapak dan main karet waktu kecil. Permainan tradisional semacam ini harus kita kenalkan kepada anak-anak kita untuk membudayakan gotong royong sejak dini,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Arifin.

Pada acara ini diadakan perlombaan permainan tradisional anak meliputi Egrang, Hadang/Gerobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Jalan Balok, yang diikuti oleh anak-anak dari 13 KBA di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).

Puncak festival ini turut dihadiri oleh Asisten Deputi Permainan Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bayu Rahadian, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Rohika Kurniadi, CEO Happy Heart Foundation Sylvia Beiwinkler, Tokoh Permainan Anak Tradisional Endi Aras, dan Head of Environment & Social Responsibility Astra International Tbk'>PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.

Se-Nusantara

Festival Permainan Tradisional Berseri ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA. Secara khusus, kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk komitmen Astra untuk sekaligus membudayakan permainan tradisional anak agar dikenal oleh generasi milenial, terutama warga KBA.

Selain itu, dalam rangkaian acara ini dibawakan juga kesenian adat Betawi berupa tarian tradisional, yang para penarinya adalah siswa-siswi di KBA Ciganjur. Mereka adalah pemenang lomba tari dalam Gebyar RPTRA 2017 lalu.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved